Sukses

Parenting

Ketahui Tips Memilih Bra yang Cocok bagi Ibu Menyusui

Saat masa menyusui, kenyamanan bagi seorang ibu menjadi salah satu faktor penting yang tak boleh disepelekan. Terutama bagi para ibu yang baru kali pertama menyusui anaknya.

Memilih bra yang tepat dan nyaman pun perlu dipertimbangkan sejak awal. Sehingga pemakaiannya menjadi terasa menyenangkan.

Menggunakan bra yang tepat dan cocok akan mengurangi risiko terjadinya bengkak atau bahkan nyeri pada payudara, pastinya akan membuat ibu tidak nyaman saat menyusui.

Nah, bagaimana ya cara tepat untuk memilih bra menyusui? Berikut Fimela.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Memperhatikan Kesesuaian Ukuran

Ukuran payudara biasanya akan mengalami perubahan saat hamil dan menyusui, biasanya akan menjadi lebih besar dibandingkan sebelum masa kehamilan. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika kamu membeli bra baru dengan ukuran yang lebih sesuai.

Membeli bra bisa dilakukan pada saat kehamilan trimester ketiga, di mana pada waktu ini biasanya payudara sudah berada pada ukuran yang cukup besar.

Memaksakan diri menggunakan bra yang ukurannya tidak sesuai bisa membuat payudars menjadi lecet dan bahkan bengkak. Jadi, saat membeli jangan ragu untuk mencobanya terlebih dahulu supaya benar-benar sesuai.

Memilih Jenis Cup Bra yang Tepat

Selain ukuran, penting juga bagi ibu untuk memerhatikan jenis cup bra. Memilih cup yang tepat bisa memastikan payudara tersangga dengan baik.

Jika ibu menggunakan bra dengan cup yang terlalu longgar, penyangga pada payudara tidak akan bisa diterapkan dengan baik. Hal ini justru bisa berdampak pada kenyamanan.

Pada umumnya, jika ibu memilih bra khusus menyusui bahan yang digunakan di bagian cup bisa melar, sehingga akan menyesuaikan dengan perubahan besarnya payudara.

Sesuaikan Jenis Bra dengan Tujuan Penggunaan

Memisahkan antara bra yang akan digunakan untuk beraktivitas di siang hari, dengan bra yang digunakan untuk tidur di malam hari.

Biasanya bra menyusui khusus untuk tidur di malam hari berbahan lebih lembut dari kain bra pada umumnya. Penggunaannya pun akan terasa lebih nyaman dibandingkan dengan bra khusus siang hari.

Lebih baik juga hindari penggunaan bra dengan kawat untuk tidur di malam hari karena bisa membuat bagian bawah payudara menjadi tertekan.

Memilih Bra dengan Bahan Katun

Faktor kenyamanan dan sirkulasi udara menjadi salah satu faktor penting saat memilih bra menyusui. Jika perlu, pilihlah bra dengan bahan katun.

Dengan begitu, brayang dikenakan akan lebih menyerap keringat dan tidak membuat payudara menjadi lembap. Kulit di payudara dan sekitarnya juga akan bisa lebih mudah ‘bernapas’.

Pilihlah juga bra yang bukaan depannya mudah dibuka, dengan begitu ibu bisa lebih mudah saat hendak menyusui si kecil.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading