Sukses

Parenting

Wajib Tahu 12 Hal dalam 100 Hari Pertama Kehidupan untuk Orangtua Baru

Fimela.com, Jakarta Orangtua baru perlu mempersiapkan diri baik fisik dan mental dalam menyambut anggota keluarga kecil mereka. Setidaknya hal-hal mendasar yang bisa menjadi panduan untuk 100 hari pertama.

Melansir dari motherhoodcare.com, berikut informasi singkat dan ikhtisar dari 100 hari pertama kehidupan dan perkembangan bayi;

 

Tidur

Menurut American Academy of Pediatrics, rata-rata bayi baru lahir menghabiskan setidaknya 16 jam sehari untuk tidur, namun ada variasi yang besar dari satu bayi ke bayi lainnya. Penting bagi bayi baru lahir untuk mendapatkan sesi makan yang konsisten dan sukses untuk mendapatkan tidur terbaik mereka.

Orangtua baru disarankan untuk mengikuti pola makan, bangun, dan tidur bayi mereka. 100 hari pertama kehidupan bayi baru pasti akan menyebabkan kurang tidur bagi orangtua baru karena bayi baru lahir membutuhkan sepanjang waktu sesi menyusu.

 

Pemberian Makan

Rata-rata, bayi yang diberi susu formula akan menyusu setiap 3 jam, sedangkan bayi ASI akan minum lebih sering setiap 2,5 jam. Perbedaan frekuensi ini disebabkan ASI lebih mudah dicerna oleh bayi, sehingga perut mereka siap untuk menerima asupan selanjutnya. 

Orangtua dapat mengantisipasi rata-rata 8-12 sesi menyusu per hari untuk bayi baru lahir. Bayi juga akan sering memvariasikan makananya selama masa pertumbuhan dan akan sering menyusu di malam hari. Umumnya dianjurkan agar bayi diberi susu sesuai permintaan, sementara bayi yang diberi susu formula dijadwalkan makan setiap 3 jam.

Diapers

Beberapa hari setelah lahir, jumlah popok basah akan bervariasi tergantung apakah bayi diberi susu formula atau disusui, juga pada ukuran dan kapasitas perut bayi. Jika sesuai dengan yang diharapkan, bayi akan memiliki rata-rata 8-10 popok basah per hari.

Sementara itu jumlah dan warna feses bayi akan berubah secara signifikan dari feses mekonium pertama menjadi feses kekuningan untuk bayi ASI dan feses kehijauan untuk bayi yang diberi susu formula. Jangan lupa menjaga kebersihan di area kelamin untuk mencegah terjadinya ruamh popok.

 

Teknik Menenangkan

Bayi terutama baru lahir menangis karena berbagai alasan. Seringkali mereka memiliki kebutuhan seperti lapar, perlu ganti popok, atau hanya ingin digendong. Ada banyak teknik yang dapat membantu menenangkan bayi termasuk bernyanyi, berpelukan, atau mengubah lingkungannya jika terlalu terstimulasi.

Tonggak pencapaian

Bayi baru lahir memiliki beberapa refleks saat lahir seperti kaget dan menghisap yang akan memudar selama beberapa bulan. Orangtua akan memperhatikan selama 100 hari pertama jika bayi mereka dapat mengangkat kepala, mengikuti objek bergerak dengan mata, fokus pada wajah, mulai memperhatikan tangan mereka sendiri, bahkan belajar memberikan senyuman pertama mereka.

 

Tummy Time

Dianjurkan agar bayi sehat diberi waktu tengkurap beberapa kali sehari selama beberapa menit setelah plang ke rumah. Tengkurap dengan pengawasan di atas selimut atau bermain tikar, atau bisa juga berbaring di dada orangtuanya. Tummy time penting karena memberi kesempatan untuk berlatih dan menguasai keterampilan fisik yang akan mempersiapkan mereka mencapai tonggak perkembangan masa depan.

Perlengkapan bayi favorit

Selain kebutuhan dasar bayi yang praktis dan populer, barang-barang lain yang berpotensi membantu adalah gendongan bayi, kereta dorong bayi, bantal menyusui, bouncer, sampai ayunan.

Daftar Pemeriksaan Perawatan Umum

Bayi baru lahir sebaiknya tak berendam di bak sampai tali pusar terlepas dan untuk bayi laki-laki sampai khitan sembuh total. Dokter anak menyarankan agar tali pusat tetap bersih dan kering.

 

 

Suhu

Untuk bayi sejak lahir hingga usia 3 bulan, American Academy of Pediatrics menyarankan untuk mengukur suhu rektal dengan termometer digital sebagai metode paling akurat untuk mengukur suhu.

Bayi dapat dianggap mengalami demam ketika suhu tubuhnya meningkat hingga lebih dari 38 derajat Celsius bila diukur dari dubur (suhu rektal), 37,5 derajat Celsius bila suhu diukur dari mulut (suhu oral), atau 37,2 derajat Celsius bila diukur dari ketiak (suhu aksila).

Dokter

Dokter anak akan memberikan jadwal kunjungan anak yang baik selama setahun pertama. Kebanyakan dokter anak akan memeriksa bayi pada usia 1-2 minggu, usia 1 bulan, dan 2 bulan.

Dokter akan memantau panjang, berat, dan lingkar kepala bayi pada grafit pertumbuhan, memantau sakit kuning, dan mendiskusikan jadwal imunisasi.

 

SIDS

SIDS

Sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) dalam pedoman American Academy of Pediatrics pada 1992 pada bayi hingga usia 1 tahun adalah selalu letakkan bayi terlentang untuk tidur, jauhkan tempat tidur luas dari boneka dan benda lunak.

Dukungan

Transisi menjadi orangtua adalah waktu menyenangkan tetapi juga penuh dengan banyak perubahan. Untuk ibu baru, periode awal mencakup pemulihan fisik dan persalinan, kurang tidur, dan rollercoaster emosional yang dikenal dengan babyblues. 

Biasanya baby blues hilang dalam waktu 2 minggu, namun bagi beberapa perempuan lain bisa jadi lebih parah atau kronis dan menyebabkan depresi.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Mengapa Kepala Bayi Tidak Rata atau Peyang
Artikel Selanjutnya
Citra Kirana Bantu Bayi Tidur Tenang dengan 4 Hal Ini