Sukses

Parenting

5 Manfaat Kacang Hijau bagi Ibu Hamil,Bantu Jaga Kebugaran dan Saluran Pencernaan

Sebagai tumbuhan dengan nama latin Vigna raditia, kacang hijau merupakan tumbuhan jenis polong-polongan yang mengandung protein tinggi. Kacang hijau dapat diolah menjadi beragam hidangan, terutama bubur sudah lama terkenal di Indonesia. Selain diolah menjadi bubur kacang hijau juga bisa diolah menjadi puding, bolu dan kecambah.

Dibalik kesederhanaannya manfaat kacang hijau untuk kesehatan sangat banyak. Mulai dari mencegah kanker hingga bermanfaat untuk ibu hamil.

Kacang hijau mengandung banyak nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh seperti karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin C, asam folat dan mineral.

Berikut ini Fimela.com telah merangkum 5 manfaat kacang hijau bagi ibu hamil, bantu jaga kebugaran dan saluran pencernaan. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini. 

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini tak lain karena kandungan vitamin C pada kacang hijau.

Vitamin C adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk mengurangi reaksi radikal bebas. Reaksi radikal bebas tersebut mampu menghasilkan produk sampingan dan juga proses yang dapat berubah menjadi karsinogenik

Antioksidan yang ditemukan dalam kacang hijau sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil.

Mencegah Terjadinya Infeksi pada Kehamilan

Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah bermanfaat untuk mencegah infeksi. Manfaat ini berkaitan dengan sejumlah kandungan vitamin di antaranya seperti Niacin dan Tiamin yang terkandung dalam kacang hijau merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik yang membantu mencegah munculnya infeksi di dalam tubuh.

Bantu Jaga Kebugaran Selama Masa Kehamilan

Selain kaya akan vitamin C di dalam kacang hijau juga terkandung mangan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas karena merupakan co-factor untuk antioksidan.

Berkat kandungan tersebut, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil adalah membuat bugar dan sehat selama masa kehamilan.

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Ibu hamil seringkali mengalami gangguan pencernaan. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hal ini karena kacang hijau adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan serat.

Serat makanan memiliki banyak manfaat kesehatan. Serat diresepkan untuk orang yang menderita masalah pencernaan. Kandungan serat dalam kacang hijau membantu dalam pencegahan dan pengobatan sembelit, haemorrhoids dan diverticulosis.

Bantu Cegah Anemia

Anemia saat masa kehamilan sangatlah berbahaya, sebab berisiko menyebabkan pendarahan saat persalinan nanti dan juga keguguran. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil adalah mencegah anemia.

Dengan mengonsumsi kacang hijau, anemia dapat di hindari karena adanya zat besi yang membantu proses pembentukan hemoglobin darah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading