Sukses

Parenting

5 Cara Unik Biasakan Anak Makan Buah dan Sayur

Fimela.com, Jakarta Anak yang tidak menyukai buah dan sayur merupakan tantangan tersendiri bagi para orangtua, terlebih pada anak yang cenderung picky eaters. Namun buah dan sayur merupakan makanan yang harus dikonsumsi karena penting untuk memenuhi nutrisi pada anak.

Untuk itu diperlukan berbagai cara menarik untuk dapat meningkatkan minat anak terhadap makanan sehat seperti buah dan sayur. Fimela telah merangkum 5 tips yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk anak yang tidak suka makan buah dan sayur yang dikutip dari taste.com.au

1. Gabungkan Buah dan Sayur Penuh Warna

Smoothie warna-warni adalah cara yang bagus untuk mempresentasikan buah dan sayuran di atas piring untuk menarik perhatian anak. 

Tampilan dari smoothie buah dan sayur yang memancarkan kesan penuh warna memiliki visual yang dapat menarik perhatian mata, sehingga anak-anak tidak akan keberatan melahap buah dan sayuran

2. Lakukan Permainan Menarik Bersama

Membujuk anak yang pemilih dalam hal makanan, menjadi tantangan bagi para orang tua, namun orang tua bisa menjadikan tantangan itu menyenangkan dengan membuat game seputar makan sehat. 

Minta sang anak untuk memilih buah dan sayuran yang mereka sukai, dan satu atau dua yang tidak mereka sukai. Potong buah dan sayuran menjadi potongan-potongan kecil. Buat dadu warna dan gulung untuk menentukan warna buah atau sayuran yang perlu dimakan. 

Dengan peraturan seperti itu, anak berpeluang untuk mendapat makanan yang ia suka dan tidak suka. Pada akhirnya menjadikan mereka memakan semua yang telah disediakan baik suka maupun tidak

3. Jadikan Buah sebagai Es Krim

Es krim merupakan makanan yang digemari oleh anak-anak, banyak juga orang tua yang menjadikan es krim sebagai imbalan atau hadiah kepada anaknya. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk orang tua dengan mengganti es krim yang dijual di supermarket, dengan es krim yang dibuat sendiri dengan bahan dasar buah. 

Pisang, mangga, anggur, dan blueberry sangat lezat saat dibekukan. Simpan sekantong buah-buahan beku yang sudah di blender ke dalam freezer untuk hari-hari musim panas ketika anak-anak meminta es krim.

4. Gunakan Buah dan Sayur sebagai Cemilan-Kapan-Saja

Cara termudah untuk membuat anak Anda makan lebih banyak buah dan sayuran adalah dengan menggunakannya sebagai 'camilan kapan saja'. 

Dengan lebih sering memberikan buah dan sayur kepada anak, tentunya mereka akan terbiasa dengan cemilan yang sering mereka makan.

Hal ini bisa disiasati dengan mengubah tampilan buah dan sayur menjadi bentuk yang menarik, seperti bentuk bintang, cinta, ataupun binatang.

5. Menjadi Contoh bagi Anak

Kebiasaan sehat dimulai di rumah, jadi luangkan waktu untuk mengisi piringmu dengan sayuran lezat dan anak-anak akan segera mulai melakukan hal yang sama!

 

*Penulis: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading