Sukses

Parenting

6 Tanda Sederhana Anak Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan emosional pada anak adalah kemampuan untuk memahami, mengelola, dan berinteraksi dengan emosi mereka sendiri dan emosi orang lain. Anak dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki kemampuan luar biasa dalam hal ini. Umumnya, anak-anak yang mampu mengelola emosionalnya dengan baik, tak hanya dikenal memiliki peringai yang baik saja. Mereka juga dikenal memiliki kecerdasan otak yang cemerlang. 

Ada beberapa tanda yang bisa diketahui orangtua ketika buah hati memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Tanda ini bisa dilihat dari sikap atau karakter anak sehari-harinya. Adapun tanda tersebut antaranya sebagai berikut.

Empati yang Tinggi

Anak dengan kecerdasan emosional tinggi cenderung memiliki sikap empati yang tinggi. Mereka mampu memahami perasaan orang lain dengan baik dan mendalam. Mereka juga mampu merespons perasaan tersebut dengan simpati serta penuh suka cita.

Mengatasi Konflik dengan Baik

Anak-anak ini sering memiliki keterampilan dalam menyelesaikan konflik dengan baik. Mereka mampu menjaga hubungan yang harmonis dengan teman-teman mereka, keluarga dan kerabat bahkan orang yang baru dikenal. Mereka tak hanya mampu mengatasi konfliknya sendiri, mereka juga kerap membantu orang lain khususnya teman dan sahabat dalam menyelesaikan konflik yang sedang dialami. 

Pengendalian Diri yang Baik

Anak dengan kecerdasan emosional tinggi, biasanya mampu mengelola emosi mereka dengan sangat baik. Termasuk mengelola emosi negatif seperti marah atau frustrasi. Anak-anak tidak mudah meledak atau terbawa emosi. Pun, mereka tak mudah terpengaruh oleh orang lain yang kiranya bakal merugikan atau hanya memanfaatkannya.

Kesadaran Emosi

Anak-anak ini bisanya memiliki kesadaran diri yang kuat terkait dengan emosi mereka sendiri. Mereka tahu bagaimana merasakan dan mengartikan perasaan mereka. Mereka memahami betul apa yang sedang dialami. Baik saat mereka marah, kecewa, sedih, bahagia atau bangga akan sesuatu. Mereka tak pernah berlebihan ketika berada di aneka perasaan ini. 

Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Anak yang cerdas baik secara emosional maupun intelektual yang baik, umumnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Mereka bisa berbicara tentang perasaan mereka dengan jelas dan efektif. Mereka juga mampu mendengarkan dan memberikan nasehat secara bijaksana. Tak hanya itu saja, anak-anak ini bahkan mampu membaca situasi sosial di sekitarnya dengan baik. Mereka mengerti dan memahami norma, aturan pun etika yang ada yang mana yang perlu ditaati serta mana yang perlu dikaji lebih dalam lagi.

Bersikap Sabar

Anak yang memiliki kecerdasan emosional tinggi juga cenderung memiliki kesabaran yang tinggi. Mereka tak mudah tersulut emosi oleh hal-hal yang tak begitu serius. Kalau pun mereka marah, mereka bisa mengendalikan amarahnya dengan baik. Mereka juga bisa tetap tampak tenang, bijaksana dan dewasa meski usianya masih sangat belia. 

Memiliki anak dengan kecerdasan emosional tinggi tak hanya bikin orangtua bahagia. Ini juga bikin orangtua merasa bangga dan lebih bijaksana lagi dalam bersikap dengannya. Anak-anak ini bahkan secara tidak langsung mengajarkan orangtua untuk menjadi pribadi yang lebih bijaksana serta lebih baik ke depannya. Jadi gimana Mom, apakah buah hati di rumah telah menunjukkan ia bisa mengelola emosionalnya dengan baik? Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading