Sukses

Parenting

Hasilkan Anak yang Cerdas dan Sukses dengan Menerapkan Parenting ala Orangtua Korea

Fimela.com, Jakarta Seperti yang sering terlihat dalam K-drama, gaya parenting ala orangtua Korea terkenal menghasilkan anak-anak yang cerdas dan sukses. Pola asuh orangtua di Korea menekankan pada nilai-nilai dan strategi yang berkontribusi dalam membesarkan anak yang cerdas, bahagia, dan juga sukses.

Anak-anak Korea dikenal berperilaku sopan, sebab mereka dibesarkan dengan nilai-niai budaya seperti rasa hormat dan kepatuhan. Mereka diajarkan untuk dapat menghormati orang yang lebih tua dan santun dalam berbahasa. Orangtua Korea cukup disiplin dalam memberi pengasuhan pada anaknya. Beberapa orangtua juga menggunakan hukuman jika diperlukan.

Gaya parenting ala orangtua Korea ini lah yang disebut dengan konsep Nunchi. Nunchi merupakan seni membaca pikiran orang lain yang ditanamkan pada anak sejak dini. Konsep ini membantu anak memahami perasaan orang lain alam menjalin relasi atau hubungan sosial yang dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan sosial anak kelak.

Konsep Nunchi

Dalam bahasa Korea, Nunchi berasal dari kata “Nun” yang berarti mata dan “Chi” yang berarti alat ukur, atau secara harfiah Nunchi berarti “ukuran mata”. Dilansir dari ozkizglobal.com, Nunchi adalah seni merasakan apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain, yang kemudian direspons dengan tepat.

Hal tersebut melatih kemampuan membaca ruang dengan cepat dengan penekanan secara kolektif, bukan pada individu tertentu. Anak-anak korea belajar menginterpretasikan kata, gerak tubuh, atau ekspresi wajah sehingga dapat memahami orang lain. Jika seseorang dapat mengasah kemampuan tersebut, diyakini dapat mencapai berbagai hal baik dalam hidupnya.

Dalam segi parenting, orangtua yang menerapkan konsep tersebut dalam pola asuh, dipercaya dapat membangun kecerdasan sosial anak di kemudian hari. Mereka mampu memilih pasangan yang tepat, membangun relasi kerja yang baik, serta mengurangi kecemasan sosial.

Parenting ala Orangtua Korea

Orangtua Korea cenderung memiliki pendekatan yang unik dan efektif dalam mendidik anak. Selain Nunchi, berikut beberapa gaya parenting ala orangtua Korea yang dapat ditiru:

Menganut nilai keluarga

Budaya Korea sangat menekankan pada nilai-nilai keluarga. Orangtua Korea biasanya mengambil peran otoritas utama dan dihormati anak-anak mereka. Anak-anak diajarkan untuk mengjargai dan menghormati orangtua serta anggota keluarga lain yang lebih tua. Hal ini mengajarkan anak nilai-nilai tradisional seperti rasa hormat kedisiplinan, serta tanggung jawab.

Disiplin yang tegas namun tidak kasar

Orangtua Korea sangat disiplin dalam mengajarkan anaknya. Mereka tegas dalam menetapkan aturan namun tetap bersikap lembut. Para orangtua memegang standar yang tinggi dalam pendidik anak untuk berperilaku sopan dan mengikuti norma. Namun, disiplin yang dilakukan diiringi dengan cinta, perhatian, dan dukungan emosional yang kuat. Konsekuensi yang diberikan bersifat tegas namun tanpa kekerasan fisik.

Berfokus pada pendidikan

Pendidikan dianggap sangat penting di Korea. Orangtua mendorong anak-anaknya untuk dapat mencapai prestasi akademis yang tinggi dan memberikan dukungan penuh untuk pendidikan anak-anaknya. Sering kali orangtua ikut terlibat secara aktif sepeeti dengan membantu pekerjaan rumah, mendaftarkan ke bimbingan belajar, dan bahkan terlibat langsung dalam proses belajar mengajar.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesDesember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading