Sukses

Parenting

5 Jenis Pisang Terbaik untuk Bayi yang Lezat dan Kaya Nutrisi

Fimela.com, Jakarta Buah-buahan merupakan sumber nutrisi terbaik untuk tubuh. Karena hal itu, anak-anak pun disarankan untuk diberi asupan buah sejak usianya sedini mungkin atau saat ia mendapat asupan MPASI (Makanan Pendamping ASI). 

Salah satu buah terbaik yang bisa diberikan ke anak terutama bayi adalah pisang. Namun ingat, tidak semua jenis pisang cocok diberikan ke bayi ya. Hanya ada beberapa jenis pisang yang baik buat bayi. Ini dikatakan terbaik bukan karena soal rasa saja, tapi juga karena nutrisi dan gizi yang terkandung di dalamnya. 

Ada beberapa jenis buah pisang yang dipercaya sangat baik buat bayi. Adapun jenis buah pisang tersebut antaranya sebagai berikut.

Pisang Ambon

Jenis buah pisang terbaik pertama yang cocok buat bayi ada pisang ambon. Pisang jenis ini memiliki tekstur yang sangat lembut, cita rasa manis khas yang tidak terlalu banyak glukosa di dalamnya, dan memiliki aroma wangi yang disukai bayi. Pisang ambon mengandung kalium yang sangat baik buat tumbuh kembang bayi. Buah ini bisa diberikan kepada bayi sejak usianya memasuki usia 6 bulan dan mendapat MPASI untuk pertama kalinya.

Pisang Emas

Jenis buah pisang selanjutnya ada pisang emas. Sama dengan pisang ambon, jenis pisang yang satu ini juga memiliki tekstur yang sangat lembut. Ini sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang masih lemah. Pisang emas mengandung nutrisi berupa serat yang bantu memaksimalkan kinerja pencernaan bayi.

Pisang Susu

Pisang susu juga baik untuk bayi. Pisang ini mengandung nutrisi yang bisa memperkuat tulang bayi, memaksimalkan tumbuh kembangnya dan melancarkan sistem pencernaan bayi. Pisang juga kaya nutrisi yang bisa meningkatkan stamina pun memperkuat sistem metabolisme tubuh bayi. Pisang susu bisa diberikan secara langsung atau dibuat sebagai camilan berupa kue.

Pisang Kepok

Pisang kepok juga menjadi pisang terbaik untuk bayi. Meski tak selembut pisang ambon dan susu, pisang ini memiliki tekstur yang cukup empuk. Ini juga bisa dicerna dengan baik oleh bayi. Pisang kepok bisa diberikan secara langsung ke bayi, atau bisa juga digoreng, dipanggang atau dikukus agar lebih lezat.

Pisang Cavendish

Ini merupakan salah satu jenis buah pisang paling populer di dunia. Pisang ini memiliki cita rasa manis yang pas atau tidak terlalu berlebihan dan tekstur yang sangat lembut. Pisang cavendis cocok diberikan sebagai MPASI bayi dan camilan sehat sehari-hari buah hati. Ini mengandung berbagai nutrisi terbaik yang membantu mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. 

Nah Mom, itulah sekian jenis buah pisang yang cocok atau terbaik untuk bayi. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semakin bijak dalam memilihkan makanan terbaik untuk buah hati. Jika kerap merasa ragu mengenai nutrisi terbaik untuk bayi di rumah, jangan segan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi, bidan atau dokter terkait tumbuh kembang pun kesehatan buah hati. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading