Sukses

Parenting

4 Manfaat Sarapan untuk Anak Usia Sekolah

Fimela.com, Jakarta Sarapan mungkin seringkali dilewatkan. Tapi perlu diketahui bahwa sarapan akan mempengaruhi kinerja tubuh selama sehari. Apa yang dikonsumsi saat sarapan berdampak besar pada suasana hati dan energi dalam tubuh.

Bagi anak usia sekolah, sarapan menjadi waktu makan yang penting bagi tubuh. Sebelum berangkat sekolah, anak harus dibiasakan untuk sarapan terlebih dahulu. Karena banyak manfaat yang didapatkan anak dengan sarapan. Berikut adalah 4 manfaat sarapan untuk anak usia sekolah dilansir dari healthychildren.org untuk Sahabat Fimela:

 

1. Berat Badan Ideal

Sebuah studi di jurnal Nutrients menemukan bahwa anak-anak yang tidak sarapan memiliki kemungkinan lebih besar mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Anak yang tidak sarapan akan cenderung makan secara berlebihan karena tidak sarapan dahulu. Selain itu, sarapan juga memperlancar metabolisme tubuh anak yang berarti tubuh membakar kalori dan membuat berat badan yang ideal dan sehat.

2. Daya Ingat dan Konsentrasi yang Baik

Anak yang sarapan akan lebih konsentrasi dan memiliki daya ingat yang baik saat belajar daripada anak yang tidak sarapan. Sehingga memiliki nilai yang cenderung tinggi saat tes. Sarapan juga membuat anak memiliki energi yang lebih sehingga bisa mengatasi frustasi dengan lebih baik.

3. Kecukupan Nutrisi bagi Tubuh

Tidak sarapan dapat menurunkan kualitas metabolisme dalam tubuh sehingga berisiko terkena penyakit diabetes, stroke, bahkan penyakit jantung. Sarapan akan memberikan nutrisi penting yang mungkin anak-anak lewatkan saat makan siang dan makan malam. Contohnya adalah terpenuhinya serat dengan sarapan roti untuk mengendalikan berat badan dan sembelit.

4. Kalsium dan Vitamin D untuk Pembentukan Tulang Anak

Susu, yogurt, dan sereal yang biasa dikonsumsi sebagai sarapan kaya akan kalsium dan vitamin D yang baik untuk anak. Anak pada usia sekolah merupakan masa dimana anak membutuhkan asupan yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Kalsium dan vitamin D baik untuk pembentukan tulang pada masa pertumbuhan ini.

Nah, itu tadi manfaat dari sarapan untuk anak usia sekolah. Ternyata sarapan itu sangat penting sebelum memulai hari. Jadi, jangan membiasakan anak-anak untuk skip sarapan ya Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading