Sukses

Parenting

Hindari Anak Cranky di Perjalanan, Berikut Sederet Tips Mudik Seru Bersama Anak

Fimela.com, Jakarta Lebaran sudah sebentar lagi. Satu hal yang identik dengan lebaran adalah mudik. Mudik adalah sebuah kegiatan pulang ke kampung halaman. Mudik dapat dilakukan menggunakan berbagai moda transportasi, mulai dari motor, mobil, kereta, hingga pesawat. Durasi perjalanan mudik juga tergantung dengan jarak daerah tujuan, ada yang membutuhkan waktu singkat, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu lama.

Saat mudik, salah satu tantangan terbesar adalah menjaga mood anak-anak agar tidak rewel. Udara yang panas, pemandangan yang itu-itu saja, dan ruang gerak yang terbatas membuat anak menjadi cranky. Tentu hal tersebut harus dihindari karena mudik seharusnya merupakan agenda yang menyenangkan. Dilansir dari lonelyplanet.com, berikut adalah tips mudik aman dan seru bersama anak

Packing pakaian sebelum pergi

Saat akan berada di jalan dalam waktu yang lama, pastikan Sahabat Fimela sudah menyiapkan pakaian sebelum pergi untuk mempermudah perjalanan. Baju pergi, baju santai, dan baju tidur harus diatur dengan baik supaya tidak perlu banyak tenaga memilih dan memilah baju. Anak-anak juga akan dengan mudah mengganti baju jika berkeringat di tengah jalan atau ingin berganti baju tidur saat masih di perjalanan saat malam hari.

Packing kebutuhan sanitasi

Sahabat Fimela harus membawa kantong plastik yang banyak sebagai persediaan jika sang anak ingin buang air kecil secara mendadak atau muntah di tengah perjalanan. Pastikan juga Sahabat Fimela membawa tisu basah dan tisu kering untuk mempermudah.

Packing kebutuhan untuk bersenang-senang

Saat tiba di tujuan, anak-anak senang untuk bermain di pantai, hutan, di manapun Sahabat Fimela berada. Pastikan Sahabat Fimela membawa tas khusus yang berisi perlengkapan main sang anak, seperti topi, baju ganti, sunscreen, dan kantong plastik. Dengan menyiapkan kebutuhan ini sebelum pergi, Sahabat Fimela hanya perlu mengeluarkan satu tas khusus tanpa harus membongkar seisi bawaan.

Packing kebutuhan anak-anak

Tidak ada yang mengetahui kondisi di jalan, jadi pastikan Sahabat Fimela membawa barang-barang yang biasa digunakan sang anak, seperti tablet atau buku yang dapat mereka mainkan di dalam mobil selama perjalanan. Bawa juga baterai cadangan untuk jaga-jaga mengganti mainan yang habis baterai di tengah jalan. Bawa juga obat-obatan untuk anak, seperti obat pusing atau obat mual. 

Packing kebutuhan dasar

Jika Sahabat Fimela membawa anak kecil, pastikan untuk membawa car seat agar sang anak dapat duduk dengan aman dan nyaman di dalam mobil. Bawakan selimut untuk anak agar mereka tidak kedinginan selama perjalanan.

Siapkan camilan yang melimpah

Anak-anak sangat senang makan saat sedang berada di perjalanan. Pastikan Sahabat Fimela membawa makanan ringan dua kali lebih banyak daripada biasanya karena anak-anak cenderung lebih lapar saat sedang di perjalanan. Bawalah makanan yang bernutrisi dan rendah gula, seperti biskuit, buah-buahan, protein bar, atau kacang-kacangan.

Bawa peralatan untuk memasak

Siapkan peralatan sederhana yang dapat membantu selama perjalanan, seperti pisau, pengupas buah, alat makan yang dapat dipakai kembali, dan tempat yang dapat digunakan untuk menyimpan makanan. Dengan menyiapkan barang-barang ini, Sahabat Fimela tidak perlu repot untuk berhenti dan membeli barang di tengah perjalanan.

Maksimalkan pengalaman selama perjalanan

Selama perjalanan, agendakan pemberhentian yang dapat membuat anak senang. Tidak perlu muluk-muluk, di setiap pemberhentian, Sahabat Fimela dapat mengajak anak berkeliling di area sekitar untuk menghirup udara segar dan melihat-lihat kondisi di luar. Sembari berhenti untuk ke kamar mandi atau membeli sesuatu, anak-anak juga dapat melepaskan penat setelah lama berada di dalam mobil dan hanya melihat jalan.

Buat mainan interaktif untuk anak

Sahabat Fimela dapat membuat permainan di tengah perjalanan mudik ke kampung halaman tanpa peralatan apapun. Cobalah berpikir kreatif dan ciptakan permainan dengan memanfaatkan keadaan sekitar. Salah satunya adalah tebak-tebakan area plat nomor yang ada pada mobil-mobil yang ditemui di jalan. Selain itu, ajak anak-anak untuk mencari mobil dengan warna tertentu dan siapa cepat, dia yang menang. Anak-anak juga dapat dibekali dengan buku mewarnai atau mainan-mainan kesayangannya. Jangan lupa putar musik sepanjang perjalanan agar anak-anak tidak bosan.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading