Sukses

Parenting

Dukung Anak Hebat di Bulan Puasa, Smart Mom Wajib Menerapkannya!

Fimela.com, Jakarta Orang tua mana yang tak ingin punya anak hebat? Apalagi anak-anak biasanya mencoba belajar dan mengeksplorasi banyak hal di usianya, sehingga orang tua wajib memberikan dukungan yang tepat. Nah, untuk menemukan minat dan bakatnya, anak-anak akan membutuhkan banyak energi untuk mencoba beragam aktivitas, seperti berolahraga, bermain musik, berenang hingga hal-hal yang berkaitan dengan akademik.

Lebih-lebih di bulan puasa seperti ini, anak-anak membutuhkan banyak asupan bergizi agar mereka tetap sehat, dan bisa melanjutkan eksplorasinya dalam banyak hal. Nah, sebagai smart mom yang bisa mendapatkan barang berkualitas dengan harga terbaik atau value for money, beberapa tips berikut ini wajib diterapkan untuk mendukung anak hebat di bulan puasa. Apa saja?

Memotivasi Anak agar Semangat Berpuasa Sampai Selesai

Jelaskan kepada anak mengapa berpuasa adalah bagian penting dari ibadah Ramadan dan apa manfaatnya bagi diri mereka. Beri tahu mereka bahwa berpuasa adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan kesabaran serta pengendalian diri. Jadilah contoh yang baik bagi anak-anak dengan berpuasa secara konsisten. Tunjukkan kepada mereka bahwa orang tua juga bisa menjalankan puasa dengan penuh semangat dan kegembiraan.

Ajak anak untuk berbicara tentang pengalaman berpuasa mereka. Dengan berkomunikasi secara terbuka, orang tua dapat memahami perasaan dan tantangan yang mereka hadapi, serta memberikan dukungan yang tepat. Jangan lupa berikan pujian dan penghargaan kepada anak ketika mereka berhasil menjalankan puasa dengan baik. Ini akan memberikan motivasi positif dan memperkuat semangat mereka agar bisa berpuasa sampai selesai.

Biar Semangat Sahur, Buatkan Menu Favoritnya yang Bergizi

Ajak anak untuk memilih menu sahur favorit mereka. Dengan melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan, mereka akan merasa lebih bersemangat dan memiliki minat yang lebih tinggi untuk makan sahur. Coba variasikan menu sahur dengan menggunakan bahan-bahan favorit anak, seperti sereal, roti, telur, atau buah-buahan. Misalnya, sajikan sereal dengan susu dan tambahan buah-buahan segar untuk memberikan rasa yang lebih menarik dan bergizi.

Buatlah tampilan makanan sahur yang menarik dan menggugah selera anak. Misalnya, buat sandwich dengan bentuk yang lucu atau susun buah-buahan dalam bentuk wajah tersenyum. Hal ini dapat membuat anak lebih antusias untuk makan sahur. Pastikan menu sahur yang disajikan mengandung nutrisi yang seimbang, seperti karbohidrat, protein, serat, dan vitamin. Misalnya, sajikan roti gandum dengan telur rebus dan tambahan sayuran sebagai sumber serat.

Berikan beberapa pilihan menu sahur yang sehat dan bergizi kepada anak. Biarkan mereka memilih menu yang mereka sukai, sehingga mereka merasa memiliki kontrol dan kebebasan dalam memilih makanan. Selain itu, makan sahur bersama-sama sebagai keluarga dapat meningkatkan semangat dan kebersamaan. Jadikan momen sahur sebagai waktu yang menyenangkan dan hangat, di mana semua anggota keluarga dapat saling berbagi dan berinteraksi.

Ajak Anak Melakukan Hobi yang Seru Agar Tak Bosan Menunggu Waktu Berbuka

Supaya anak tidak bosan menunggu waktu berbuka puasa, ajak anak untuk menyiapkan makanan kecil atau takjil, kemudian ajak mereka untuk membagikan kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti tukang ojek di dekat rumah. Ini tidak hanya menghibur anak, tetapi juga mengajarkan mereka tentang pentingnya berbagi. Anak-anak juga bisa diajak berolahraga ringan, seperti berjalan-jalan sore atau bersepeda. Tak hanya menyenangkan kegiatan ini dapat menjaga kesehatan tubuh anak-anak selama berpuasa.

Di samping itu, orang tua juga bisa mengajak anak untuk melakukan aktivitas seni dan kerajinan, seperti membuat proyek seni bebas dengan krayon, cat air, buku gambar, dan perlengkapan lainnya. Ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan kreatif untuk mengisi waktu menunggu berbuka. Selain itu, membaca buku bersama anak dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan edukatif. Pilih buku-buku yang menarik dan sesuai dengan minat anak untuk mengisi waktu menunggu berbuka.

Kembalikan Energi dan Mood-nya dengan Menu Berbuka yang Segar dan Bergizi

Sebelum mengajak anak menyantap hidangan utama, smart mom bisa memberikan MILKU buat anak-anak saat waktu buka puasa tiba. Tak hanya enak, MILKU juga baik untuk kesehatannya lantaran dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. Ini karena MILKU yang merupakan Susu UHT berkualitas tinggi yang dibuat dengan susu Belgia.

Susu MILKU sangat terjangkau, dengan harga Rp3000 dalam kemasan 200ml, smart mom bisa mendapatkan susu UHT original yang bernutrisi lengkap dengan kandungan 5 vitamin dan 4 mineral. Menariknya, Susu MILKU Original ini dapat diaplikasikan ke berbagai menu anak, dari main course sampai dessert.

Selain itu, di tengah melambungnya harga barang, smart mom dapat menghemat dengan cara membeli Susu MILKU Original, karena dapat membeli sesuai dengan kebutuhan (200 ml per botol, artinya 1 liter = 5 botol dengan harga 18.000 rupiah saja) - sangat value for money, hemat biaya bahan masakan tetapi makanan tetap enak dan bernutrisi, kan?

Itulah kenapa nutrisi dan energi dari MILKU membantu anak-anak lebih bersemangat menjalani aktivitas hariannya, termasuk berpuasa. MILKU juga cocok diandalkan sebagai sumber energi usai berpuasa seharian, sehingga anak-anak dapat melanjutkan kegiatan Ramadan di malam hari, seperti salat tarawih. Jadi, kembalikan energi dan mood anak dengan berbuka yang segar dan bergizi, seperti MILKU ya. Dapatkan produknya di e-commerce langganan, maupun di minimarket, supermarket dan warung kelontong terdekat di sekitar rumah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading