Sukses

Parenting

4 Permainan Kartu yang Bagus untuk Melatih Keterampilan Kognitif Anak

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernah merasa kehabisan ide untuk mengajak si kecil bermain? Mungkin, permainan kartu bisa kamu jadikan opsi. Sebab, bermain kartu adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk mengasah keterampilan kognitif dan sosial anak-anak.

Selain itu, kegiatan bermain kartu membantu mencerdaskan otak, meningkatkan konsentrasi, memori, dan kemampuan pemecahan masalah mereka. Sangat bermanfaat, bukan?

Sahabat Fimela, berikut kami telah merangkum empat permainan kartu terbaik untuk mengasah tumbuh-kembang anak, khususnya keterampilan kognitif. Simak hingga tuntas, ya.

 

Kartu Memory

Memory adalah permainan kartu yang dapat membantu mengasah kemampuan memori visual anak-anak. Dalam permainan ini, sejumlah kartu diletakkan menghadap ke bawah di atas meja, dan setiap pemain harus mencoba untuk mencocokkan dua kartu yang memiliki gambar yang sama.

Anak-anak akan melatih daya ingat mereka saat mereka mencoba untuk mengingat posisi kartu-kartu yang telah dibalik. Permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga efektif dalam membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus mereka.

Kartu UNO

UNO adalah permainan kartu klasik yang cocok untuk anak-anak usia dini hingga remaja. Tujuan dari permainan ini adalah menjadi pemain pertama yang berhasil menghabiskan semua kartu yang sudah diperoleh.

Si kecil akan belajar mengenali dan mencocokkan warna, angka, dan simbol yang ada pada kartu UNO. Selain itu, mereka juga akan belajar strategi untuk menggagalkan rencana lawan dan melindungi kartu-kartu mereka sendiri. UNO dapat membantu meningkatkan keterampilan berhitung, perencanaan, dan keterampilan sosial anak-anak.

Kartu Go Fish

Go Fish adalah permainan kartu sederhana yang mengajarkan anak-anak tentang pertukaran, kerjasama, dan strategi. Dalam permainan ini, setiap pemain berusaha untuk mendapatkan pasangan kartu dengan angka atau jenis yang sama.

Lewat permainan ini, sang buah hati bisa belajar berkomunikasi dengan pemain lain, bertanya, dan menawarkan kartu untuk mencari pasangan yang cocok. Permainan ini juga membantu meningkatkan kemampuan memori anak-anak karena mereka perlu mengingat kartu apa yang dimiliki oleh lawan-lawannya

Kartu Crazy Eight

Crazy Eights adalah permainan kartu seru yang cocok untuk anak-anak yang sedikit lebih tua. Tujuan dari permainan ini adalah menjadi pemain pertama yang berhasil menyingkirkan semua kartu dari tangan.

Pemain dapat menyingkirkan kartu dengan angka atau jenis yang sama seperti kartu yang terakhir dimainkan, atau dengan kartu delapan yang merupakan kartu liar. Permainan ini membantu mengasah keterampilan berhitung, perencanaan, dan strategi anak-anak, serta mengajarkan mereka tentang aturan dan konsep-konsep dasar permainan kartu.

Sahabat Fimela, lewat bermain permainan kartu yang sesuai dengan usia dan minat mereka, anak-anak dapat mengembangkan berbagai keterampilan penting sambil bersenang-senang. Jangan lupa untuk menyesuaikan tingkat kesulitan permainan sesuai dengan kemampuan anak-anak. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasimu untuk mengajak anak-anak bermain permainan kartu yang menyenangkan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading