Sukses

Relationship

5 Tipe Hubungan Cinta yang Sehat meski Punya Sejumlah Perbedaan

Fimela.com, Jakarta Saat menjalin hubungan dengan seseorang, harapannya kita bisa bertahan bersamanya dalam waktu yang lama. Biasanya kita tertarik dengan seseorang karena adanya sejumlah kesamaan. Kesamaan yang dimiliki bisa menjadi fondasi kuat untuk menjalin hubungan yang langgeng.

Hanya saja kita dan pasangan kita tetaplah dua individu berbeda. Sehingga pasti ada saja perbedaan yang dimiliki. Meskipun begitu, perbedaan yang ada bisa menjadi warna tersendiri yang membuat hubunganmu unik. Meski ada perbedaan, sebuah hubungan bisa bertahan jika punya fondasi yang kuat.

1. Hubungan yang Dilandasi Sikap Saling Menghargai

Melansir laman mindbodygreen.com, respek adalah salah satu karakteristik penting dari sebuah hubungan yang sehat. Dalam hubungan yang sehat dan langgeng, pasangan akan saling menghargai diri masing-masing. Saling menghargai kelebihaan dan kekurangan, serta menghargai sudut pandang atau cara berpikir yang mungkin berbeda.

2. Hubungan yang Dilandasi Rasa Saling Percaya

Hubungan yang sehat butuh rasa percaya. Tanpa rasa saling percaya, hubungan hanya akan diwarnai rasa saling curiga dan cemburu buta. Kalau sebuah hubungan tidak dilandasi dengan rasa saling percaya, berbagai persoalan atau masalah yang sebenarnya bisa diatasi dengan mudah bisa makin rumit. Tanpa rasa saling percaya, kamu dan pasangan sangat rentan terjebak dalam pertengkaran yang saling menyalahkan satu sama lain.

3. Hubungan yang Memiliki Visi Selaras

Sebagai contoh, kamu dan pasanganmu bekerja di bidang yang sangat berbeda. Namun, itu bukan penghalang untuk membangun hubungan yang kuat dan langgeng sebab ada sebuah tujuan yang ingin dicapai bersama, seperti membangun keluarga dengan menghadirkan manfaat bagi lebih banyak orang dari pekerjaan yang ditekuni masing-masing. Saat sudah ada komitmen untuk mencapai sebuah tujuan bersama, hubungan bisa berjalan dengan lebih kuat.

4. Hubungan dengan Komunikasi yang Terbuka

Kalau tidak bisa berbagai perasaan atau cerita dengan pasangan, akan sulit bagimu untuk menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan. Begitu juga sebaliknya. Maka, hubungan yang sehat perlu memiliki dasar komunikasi yang jujur dan terbuka. Sebab kalau tiap ada masalah, hanya saling mendiamkan, yang terjadi kemudian bisa menghadirkan bom waktu yang dapat menghancurkan kehidupan masing-masing.

5. Hubungan tanpa Kekerasan

Tak ada kekerasan dalam hubungan. Baik kekerasan fisik maupun verbal. Sebuah hubungan yang sehat tidak semestinya diwarnai dengan kekerasan. Tiap pasangan bisa mengatur ego dan emosinya dengan cara yang lebih dewasa. Kalaupun ada masalah, kekerasan dalam bentuk apa pun tidak dijadikan sebagai sebuah bentuk solusi.

Apakah hubunganmu dengan si dia masuk dalam kategori di atas? Atau mungkin kamu punya pendapat atau pandangan sendiri terkait hubungan sehat itu hubungan yang seperti apa? Boleh lho berbagai sudut pandangmu di sini.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Tak Terduga Pasangan Bahagia Pertahankan Hubungan Cinta
Artikel Selanjutnya
3 Tips Membuat Foto Selfie yang Sehat dengan Pasangan