Sukses

Relationship

5 Tipe Hubungan yang Rentan Putus meski Dari Luar Tampak Mesra

Fimela.com, Jakarta Saat menjalin hubungan dengan seseorang yang kita rasa sudah tepat, kita pastinya berharap bisa menjalin hubungan yang awet dan langgeng bersamanya. Memiliki hubungan yang kuat, langgeng, dan bahagia pastinya menjadi harapan kita. Namun, kadang kita belum yakin apakah hubungan yang kita jalani bisa langgeng.

Secara umum, ada lima tipe hubungan yang rentan putus. Bila hubunganmu masuk dalam tipe atau kategori ini, penting untuk berupaya lebih keras lagi dalam menata hati dan ekspektasi. Meski belum tentu hubunganmu bakal putus di tengah jalan, tapi setidaknya dengan mengetahui beberapa tipe ini kita bisa lebih mudah menata perasaan.

1. Hubungan yang Tak Disertai Rencana Masa Depan Bersama

Tidak ada rencana yang dibicarakan bersama? Tak pernah membahas soal tujuan atau harapan bersama soal masa depan? Mungkin saat ini kamu dan dia memilih untuk "jalani saja dulu", tapi kalau tidak disertai dengan kesamaan tujuan atau visi masa depan, rasanya sulit untuk bertahan lama. Ada baiknya kamu dan pasanganmu punya keselerasan keinginan agar bisa memiliki landasan hubungan yang kuat.

2. Hubungan tanpa Adanya Rasa Saling Menghargai

Apakah kamu dan pasanganmu sudah saling menghargai pribadi masing-masing? Mengutip laman MSN, perekat dalam sebuah hubungan adalah respek. Respek terhadap diri sendiri juga terhadap pasangan. Tanpa adanya rasa saling menghargai satu sama lain, hubungan bisa berakhir dalam kurun satu tahun. Maka, apabila sudah tidak ada lagi respek atau saling menghargai dalam hubungan, penting untuk melakukan percakapan yang lebih serius dengan pasangan untuk menjaga keutuhan hubungan.

3. Hubungan yang Mengandung Kekerasan

Kekerasan dalam hubungan tak bisa ditoleransi. Baik kekerasan verbal maupun fisik, semua bentuk kekerasan itu tidak boleh ada dalam sebuah hubungan. Hubungan yang mengandung kekerasan merupakan salah satu tanda hubungan beracun, dan ada baiknya justru diakhiri sebelum semuanya terlambat. Bagaimana pun, kamu berhak bahagia dalam hubungan dan hidupmu.

4. Hubungan yang Tak Menghadirkan Rasa Bahagia

Hubungan yang tidak memberi rasa aman seringkali mengarah ke hubungan yang tidak bahagia. Saat kita merasa tidak aman dalam sebuah hubungan, biasanya itu karena kita tidak merasa aman di dalamnya. Selalu dihantui rasa cemas, was-was, dan tidak pernah merasa puas dalam hubungan, maka hubungan bisa rentan putus. Mengutip laman Psychology Today, ada tiga kategori dasar muncul perasaan tidak bahagia dalam sebuah hubungan. Saat sebuah hubungan mulai terasa sulit dipertahankan, perasaan tidak dicintai, tidak puas, tidak aman, atau kombinasi dari dua atau tiga hal itu bisa muncul.

5. Hubungan tanpa Ada Rasa Saling Peduli

Adakah rasa saling peduli atau empati dalam hubunganmu? Definisi empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. Dalam sebuah hubungan, empati diperlukan untuk membangun keakraban dan menjaga kedekatan. Jika pasangan malah saling tidak peduli dan tak lagi punya empati terhadap satu sama lain, maka hubungan seakan berada di ujung tanduk. Hilangnya empati dalam hubungan membuat hubungan berisiko tinggi putus di tengah jalan.

Semoga hubunganmu tidak masuk dalam tipe atau kategori di atas, ya. Jika memang ada masalah yang perlu diperbaiki, komunikasikan lagi dengan lebih jujur dan terbuka lagi dengan pasanganmu.

 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tipe Hubungan Kuat dan Langgeng tanpa Banyak Larangan
Artikel Selanjutnya
Saat Sedang Jatuh Cinta, Kenapa Makin Sulit Mengontrol Emosi?

Live Streaming

Powered by