Sukses

Relationship

Menebak Kepribadian Seseorang Dilihat dari 8 Genre Musik Favorit

Fimela.com, Jakarta Musik memainkan peran penting dalam kehidupan setiap orang, itulah sebabnya banyak orang bertanya-tanya faktor individu apa yang dapat memengaruhi preferensi musik. Orang mendengarkan musik sebagai cara untuk mengatur suasana hati, untuk memotivasi diri, atau bahkan untuk mendapatkan inspirasi. Seberapa besar pilihan-pilihan itu dipengaruhi oleh ciri-ciri kepribadian yang mendasarinya.

Melansir dari verywellmind.com (16/10), menurut peneliti, Adrian North, alasan orang terkadang merasa defensif tentang selera musik mereka mungkin terkait dengan seberapa besar hubungannya dengan sikap dan kepribadian.

Lalu seperti apa kepribadianmu jika dilihat dari genre musik favorit? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Musik Pop

Penggemar musik pop hits cenderung ekstrover, jujur, dan konvensional. Mereka pekerja keras dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, para peneliti mengatakan bahwa mereka cenderung kurang kreatif dan lebih gelisah.

Musik Rap dan Hip/Hop

Terlepas dari stereotip bahwa pecinta rap lebih agresif atau kejam, para peneliti sebenarnya tidak menemukan hubungan seperti itu. Penggemar rap memang cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan biasanya ramah.

Musik Country

Penggemar musik country biasanya pekerja keras, konvensional, dan ramah. Orang yang menyukai genre ini sering mengambil keputusan berdasarkan perasaan, orang-orang yang tertarik pada genre ini juga cenderung sangat stabil secara emosional. Mereka juga lebih konservatif dan tidak terlalu terbuka terhadap pengalaman.

Musik Rock/Heavy Metal

Terlepas dari citra yang terkadang agresif, para peneliti menemukan bahwa penggemar gaya musik ini biasanya cukup lembut. Mereka cenderung kreatif, tetapi sering tertutup dan merasa kurang percaya diri.

Musik Indie

Penggemar genre indie biasanya introver, intelektual, dan kreatif. Menurut peneliti, mereka juga cenderung kurang bekerja keras dan kurang lembut. Kepasifan, kecemasan, dan kepercayaan diri rendah adalah karakteristik kepribadian umum lainnya.

Musik Dansa

Menurut peneliti, orang yang lebih menyukai musik dansa biasanya terbuka dan tegas. Mereka juga cenderung terbuka terhadap pengalaman. Orang-orang yang lebih menyukai musik ini cenderung tidak sabaran.

Musik Klasik

Pecinta musik klasik biasanya lebih tertutup tetapi juga nyaman dengan diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka. Mereka kreatif dan memiliki rasa kepercayaan diri yang baik.

Musik Jazz, Blues, dan Soul

Orang yang menyukai musik jazz, blues, atau soul ternyata lebih ekstrover dengan kepercayaan diri yang tinggi. Mereka juga cenderung sangat kreatif, cerdas, dan santai.

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa selera musik sebenarnya dapat memprediksi ciri-ciri kepribadian. Lalu genre musik seperti apa nih yang menjadi favoritmu?

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Alasan Mengapa Seorang Introver Berpeluang Lebih Sukses
Artikel Selanjutnya
9 Rasa Es Krim yang Bisa Mengungkap Kepribadian