Sukses

Relationship

3 Tips Menjaga Kesehatan Mental saat Berada dalam Hubungan Beracun

Fimela.com, Jakarta Berada dalam hubungan yang toxic akan membuat seseorang merasa kewalahan dan bahkan frustasi. Beberapa tekanan dari pasangan membuat seseorang merasa tidak nyaman dan ingin putus dari hubungan tersebut.

Memiliki hubungan beracun tentu dapat memengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang akibat tekanan dalam hubungan tersebut. Ketika kamu berada dalam hubungan yang beracun, penting bagimu untuk menjaga diri dan emosimu. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantumu untuk menjaga kesehatan mental ketika berada atau baru saja keluar dari hubungan yang toxic.

Tetapkan Batasan yang Tegas

Memiliki pasangan yang keras kepala dan berpendirian yang bisa menjadi kasar secara emosional, sangat disayangkan. Namun demikian, saat merencanakan jalan keluar dari hubungan seperti itu, kamu harus berdiri teguh dan memastikan bahwa pasanganmu tidak selalu mendapatkan apa yang diinginkannya. Jadi, kamu harus memiliki keputusan dan batasan yang memastikan kekasihmu tidak dapat mengontrol atau memanipulasimu.

Memaafkan Tetapi Jangan Memberikannya Kesempatan Kedua

Memaafkan mereka yang telah berbuat salah kepadamu memungkinkanmu melepaskan beban mental yang kamu bawa. Jadi, meskipun memaafkan pasangan atas kesalahannya mungkin dianjurkan, tetapi kamu tidak boleh memberi mereka kesempatan lagi. Lagi pula, memaafkan tidak berarti kamu menyetujui perilaku mereka atau ingin kembali bersama.

Membangun Jaringan Dukungan

Mitra beracun cenderung menjauhkanmu dari teman dan orang yang kamu cintai untuk memastikan bahwa mereka adalah satu-satunya figur penting dalam hidupmu, namun, ini tidak sehat. Memiliki sistem pendukung seperti teman, kolega, keluarga, dan kerabat dapat membantumu mencurahkan isi hatimu pada saat dibutuhkan. Mereka juga dapat membantumu mengenali perilaku gaslighting dan beracun dalam hubunganmu.

Menjaga kesehatan begitu penting, apalagi jika kamu berada dalam hubungan yang beracun Berusahalah dan memintalah bantuan kepada orang terdekat untuk keluar dari hubungan tersebut yang akan membahayakan dirimu baik secara fisik maupun mental.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tanda Perasaan Itu Bukan Cinta tapi Obsesi
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Kamu Berpotensi Memiliki Hubungan yang Beracun