Sukses

Relationship

Anak Tengah Sering Gagal dalam Menjalin Asmara, Kenapa?

Fimela.com, Jakarta Kegagalan dalam menjalin hubungan cinta atau asmara memang sangat menyakitkan. Apalagi jika kegagalan terjadi lebih dari sekali, akibatnya bisa menyebabkan trauma yang sulit disembuhkan. Seorang anak tengah (seperti anak kedua atau ketiga dalam keluarga) umumnya sering mengalami kegagalan dalam menjalin cinta atau hubungan asmara. 

Urutan lahir bisa memengaruhi kasih sayang yang diterima di dalam keluarga. Hal tersebut kemudian bisa memengaruhi kecenderungan seorang anak dalam menjalin hubungan cinta atau hubungan asmaranya. Pada kasus anak tengah, kenapa ya sering mengalami kegagalan dalam hubungan cinta?

Kurang Kasih Sayang dalam Keluarga

Kevin Leman, seorang ahli psikologi keluarga yang mempelajari psikologi di balik urutan kelahiran, berkata bahwa orang-orang yang terlahir sebagai anak tengah akan merasa tersisih dan tidak diperhatikan. Saat seorang anak tengah kurang mendapat kasih sayang dalam keluarga, ia akan rentan mengalami kegagalan dalam hubungan cinta.

Umumnya, para orangtua memberikan perhatian besar kepada anak pertama, bahkan sejak anak itu masih berada dalam kandungan. Lalu kepada anak bungsu, para orangtua memberi kasih sayang yang khusus. Sementara pada anak tengah yang kurang mendapat kasih sayang akan merasa seakan tersisih dan berpikir dirinya tidak penting, apalagi jika sering dibanding-bandingkan dengan anak sulung dan anak bungsu.

Anak tengah yang kurang mendapat kasih sayang dalam keluarga akan berpikir dirinya harus berusaha lebih keras supaya dicintai. Sehingga ketika ia sebenarnya berada di hubungan yang toxic, dia memilih bertahan karena masih ingin dicintai dan takut ditinggalkan. 

Jeong Moon Jeong dalam bukunya Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang, punya tips terkait hal ini. Tips paling penting adalah berhenti mengasihani diri sendiri. "Jika kau terus mengasihani diri sendiri, akan semakin banyak orang yang bertindak semena-mena kepadamu," tulisnya.

Untuk para anak tengah yang sering merasa gagal dalam menjalin hubungan cinta dan asmara, semoga bisa segera mendapatkan cinta yang lebih baik, ya. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading