Sukses

Relationship

Hati-Hati, Ini 7 Ciri Kamu Punya Sifat Sombong

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin diakui, diperhatikan, disanjung atau bahkan dikagumi. Tapi menjadi sombong atau arogan karena merasa tinggi bukanlah sifat yang patut dipertahankan. Kenali apakah dirimu punya sifat arogan dalam dirimu dengan mengecek sekian ciri-ciri berikut ini.

1. Suka pamer

Ini adalah tanda paling mencolok dari orang yang sombong. Orang arogan jelas suka pamer karena ia merasa segala hal dalam hidupnya adalah pencapaian dan perlu diumbar ke semua orang. Entah itu kekayaan materi, status atau pencapaian tertentu, isa merasa semua orang harus tahu.

2. Sikap yang kasar

Kesombongan seringkali beriringan dengan sikap kasar dan cenderung memaksa. Mereka percaya bahwa dirinya lebih penting daripada orang lain, selalu mengutamakan diri sendiri dan tidak memikirkan perasaan atau kebutuhan orang lain. Orang-orang ini biasanya tidak sopan, mudah marah dan bahkan mudah merendahkan orang lain.

3. Selalu ingin benar

Orang sombong biasanya merasa paling benar dan ingin dianggap benar. Ia tak pernah membiarkan argumen mereda, ia dengn keras mempertahankan pendapat dan keyakinannya dengan ego yang tinggi.

4. Tidak mudah memberi selamat kepada orang lain

Satu hal unik yang mungkin sering kamu lihat dari orang sombong adalah tidak pernah memberi selamat kepada orang yang berhasil. Ia selalu mudah meremehkan, menjatuhkan atau menganggap pencapaian itu suatu hal yang tidak istimewa. Bahkan jika ia harus mengucapkan 'selamat', itu terdengar tidak tulus. Ia harus dikagumi orang lain dan menganggap dirinya yang paling unggul.

5. Melebih-lebihkan kemampuannya

Orang-orang sombong juga sering sesumbar betapa hebat dirinya dalam melakukan sesuatu dan mencapai segala hal dalam hidupnya, meski mungkin itu sebenarnya biasa saja. Penyair dan novelis Charles Bukowski bahkan menuliskan bahwa orang-orang bodoh biasanya penuh keyakinan akan diri sendiri. Itu juga yang dimiliki orang sombong saat melebih-lebihkan kemampuannya.

6. Tidak sadar diri

Jelas orang sombong tidak punya kesadaran diri. Mereka menganggap diri lebih baik dan mengabaikan orang-orang yang mereka anggap 'di bawah levelnya'. Mereka tak melihat bahwa diri mereka juga memiliki kekurangan, secara objektif mempertanyakan atau mengevaluasi kualitas dirinya sendiri.

7. Melihat segalanya sebagai saingan

Punya daya saing yang berlebihan juga merupakan ciri kepribadian orang arogan. Semua urusan kehidupan adalah kompetisi bagi mereka, jadi mereka selalu berusaha untuk menang. Mereka juga sulit bekerja sama dengan orang lain dalam bentuk apa pun karena ia khawatir rekan setimnya akan mendapatkan lebih.

Itu dia sekian ciri kamu punya sifat sombong.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading