Sukses

Relationship

5 Tanda Seseorang Merasa Insecure Parah

Fimela.com, Jakarta Kita mungkin merasa baik-baik saja menjalani hidup, tapi akan selalu ada orang-orang yang merasa hidupnya tidak baik-baik saja dan cenderung merasa insecure. Seringkali orang-orang insecure menunjukkan tanda-tanda tertentu. Dilansir dari Psychology Today, sekian tanda ini yang menunjukkan seseorang merasa insecure.

1. Ingin terlihat superior

Ternyata kegigihan seseorang untuk "dianggap dominan" sebenarnya ciri dia sedang merasa insecure. Wina Alfred Adler menciptakan istilah inferiority complex, yaitu teori psikoanalis yang menjelaskan bahwa orang-orang yang merasa rendah diri atau minder dalam menjalani kehidupan sehari-hari cenderung ingin dianggap lebih unggul dari orang-orang di sekitarnya. Dengan terlihat superior, ia akan merasa lebih percaya diri.

2. Suka pamer

Orang-orang insecure biasanya berusaha keras untuk menunjukkan apa saja pecapaiannya dalam hidup, bahkan hal-hal kecil yang sangat sepele. Orang-orang yang terus-menerus membual tentang gaya hidupnya yang hebat dan mewah, pendidikan elit, atau anak-anak yang sukses luar biasa mungkin melakukannya untuk meyakinkan diri sendiri bahwa mereka benar-benar berharga dan bahagia.

3. Melakukan humblebrag

Humblebrag adalah sesumbar yang disamarkan sebagai pernyataan yang merendahkan diri sendiri. Jika ada orang yang sengaja mengeluh betapa melelahkan perjalanan luar kota karena pekerjaannya yang hebat dan bergaji besar. Sebenarnya ia tak mau pergi tapi kalau bukan dia gak ada lagi yang bisa mengatasi, dan pada akhirnya dia mau pergi karena kantor sudah booking kamar suite hotel bintang lima. Kesombongan dengan topeng merendah ini juga ciri rasa insecure.

4. Segalanya tidak cukup baik

Orang-orang insecure juga suka mengeluhkan segala hal. Mereka suka menunjukkan standar tinggi yang mereka miliki, mengapa gajinya yang besar sebenarnya bisa lebih besar lagi, mengapa waktu cutinya yang lama sebenarnya kurang memuaskan atau mengapa gajinya hanya cukup untuk membeli 2-3 barang branded saja setiap bulannya.

5. Membuat orang lain ikutan insecure

Inilah keahlian para narcisstic insecure, mereka sengaja sesumbar untuk membuat orang lain ikutan insecure dan berpikir kehidupan mereka tak cukup baik. Jangan mudah terjebak dengan gaya bicaranya yang "beracun" ini. Orang insecure jenis ini justru puas ketika melihat orang lain merasa 'kecil' dan lebih insecure dari dirinya.

Itu dia sekian tanda seseorang merasalan narcisstic insecurity. Jangan sampai mengalaminya, Sahabat Fimela.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Agar Percaya Diri Bebas Insecure Saat Kencan Pertama
Artikel Selanjutnya
5 Zodiak yang Semakin Tua Semakin Tidak Insecure