Sukses

Relationship

5 Cara agar Menjadi Orang yang Lebih Tertata dan Teratur

Fimela.com, Jakarta Banyak dari kita yang sering membuang-buang waktu dan menyesalinya setelah waktu berlalu. Terkadang kita tak bisa menghindari situasi tidak efektif tersebut tapi jika bisa mengubahnya, selalu mulailah dari diri sendiri. Apa saja yang harus dilakukan? Dilansir dari Knowinsiders, begini cara agar menjadi orang yang lebih teratur dan tertata dalam menjalani hidup.

1. Menuliskan jadwal

Mulailah hari dengan cara menuliskan apa saja yang harus dilakukan hari itu. Kamu juga bisa menuliskannya saat malam hari sebelum tidur sehingga tak membuang waktu di pagi hari. Tuliskan dari yang paling prioritas atau yang perlu diselesaikan terlebih dahulu, menyusul hal-hal yang ringan dan bisa diselesaikan tanpa terikat waktu. Membuat penjadwalan dengan tujuan yang jelas seperti ini membantumu menjalani hari dengan lebih terarah.

2. Bangun suasana kerja cepat

Jangan bekerja di tempat tidur, karena pasti kamu akan bermalas-malasan. Buat ruangan atau sudut khusus untuk bekerja atau menyelesaikan tugasmu. Di ruang khusus tersebut, letakkan hal-hal yang kamu butuhkan untuk bekerja misalnya meja kerja, colokan listrik, laptop, charger dan hal-hal yang mampu memberi nuansa 'kerja' dan serius. Seringkali menciptakan suasan kerja seperti ini membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

3. Buang hal-hal yang tidak dibutuhkan

Daripada menumpuk barang-barang usang dan tak lagi kamu pakai, simpan di wadah tertentu sehingga tidak tampak mata, atau sekalian saja pilah dan singkirkan semuanya. Apa pun yang tidak kamu butuhkan harus dibuang. Simpan barang-barang yang hanya kamu butuhkan. Banyak orang tak menyadari bahwa menciptakan lingkungan yang bersih dan tertata rapi sangat mampu memberi efek fokus dan semangat dalam menyelesaikan sesuatu dengan cepat dan efisien. Ini adalah efek psikologis.

4. Tata tempat tidur setiap pagi

Mulai hari dengan tidak membiarkan tempat tidur berantakan. Percaya atau tidak, pikiran akan ikutan ruwet dan berantakan jika melihat kamar tidur yang acak-acakan. Penelitian bahkan membuktikan bahwa orang yang merapikan tempat tidur segera setelah bangun merasa puas dan lebih menikmati pekerjaannya, bahkan menyukai penghasilan yang didapatnya. Jadi semua perlu dimulai dari tempat tidur yang rapi.

5. Stop menunda-nunda

Jangan menawar-nawar dan menunda-nundanya pekerjaan. Kamu tak akan bisa memulai ketika sudah terbiasa mengulur waktu untuk bekerja. Selesaikan apa pun yang bisa dilakukan sekarang, kalau pun lelah, istirahatlah terlebih dahulu dan mulai lagi. Ketika lelah, otak memang akan sulit diajak koordinasi dan konsentrasi, jika dipaksakan justru hanya akan membuang-buang waktu. Jadi pastikan kamu tidur dengan cukup malam harinya agar tidak 'ngaret' dan membuang-buang waktu.

Itu dia sekian cara agar menjadi orang yang lebih teratur dan tertata.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading