Sukses

Relationship

4 Cara Mengatasi Kecemburuan Tentang Hubungan Masa Lalu Pasangan

Fimela.com, Jakarta Kecemburuan adalah sesuatu yang bisa terjadi kepada siapa pun. Sikap ini sering dialami mereka yang memiliki hubungan romantis. Sangat normal untuk merasa tidak aman dari waktu ke waktu atau khawatir bahwa pasanganmu akan mengembangkan perasaan untuk orang lain. Tapi bagaimana dengan terus-menerus mengkhawatirkan mantan dari kekasihmu? Ternyata ini yang disebut dengan kecemburuan retroaktif. Saat itulah kamu iri dengan hubungan pasanganmu sebelumnya.

Dan berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasinya. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Terima dan Validasi Perasaanmu

Kecemburuan retroaktif tidak membuatmu menjadi orang yang mengerikan, meskipun dapat menyebabkan perasaan yang tidak menyenangkan. Saat bersama kekasih, kamu mungkin merasa gelisah, khawatir tentang masa depan, atau gelisah. Penting juga untuk mengakui dan menghadapi emosi ini. Dengan mengakui bahwa ide dan kebiasaanmu tidak sehat, kamu membiarkan diri menerima bantuan yang kamu butuhkan. Mereka mungkin menjadi lebih buruk jika kamu berpura-pura, mereka tidak ada.

Tempatkan Diri di Posisi Mereka

Kita terkadang terjebak dalam persepsi kita sendiri. Pertimbangkan dunia melalui mata pasangan untuk membantumu melihat hal-hal lebih jelas, dan, pada saat yang sama, memvalidasi sentimen dirimu sendiri. Kemungkinan besar kamu telah berjuang untuk menghadapi kecemburuan di masa lalumu. 

Pertimbangkan Apa yang Benar-benar Kamu Khawatirkan

Mungkin kamu penasaran dengan siapa pasanganmu sebelum mereka bertemu denganmu, atau apa yang membuat mereka tertarik padamu. Beberapa orang tidak ingin mendengar tentang hubungan sebelumnya karena mereka ingin merahasiakan masa lalu mereka atau karena mereka takut mendengar tentang perselingkuhan. Bahkan jika kamu tidak ingin membicarakannya, kamu dapat merenungkan topik ini. Membiarkan dirimu untuk secara terbuka mengakui apa yang membuatmu penasaran atau mengapa kamu penasaran memungkinkan kamu untuk membicarakannya dengan pasanganmu.

Berkomunikasi

Untuk mengatasi kecemburuan surut dalam hubungan, kamu harus berkomunikasi dengan baik dengan pasangan. Beri tahu mereka dengan tepat bagaimana perasaanmu dan dari mana rasa tidak amanmu berasal. Cobalah untuk memahami bagaimana kecemburuanMU menyakiti mereka, dan perhatikan apa yang mereka katakan ketika mereka mengatasi kekhawatiranmu.

Kecemburuan atas hubungan pasangan sebelumnya disebut sebagai kecemburuan retroaktif. Dalam suatu hubungan, itu normal untuk memiliki pikiran kecemburuan sekilas. Terobsesi dengan masa lalu pasanganmu atau merasa iri dengan kekasih mereka sebelumnya, di sisi lain, dapat merusak hubunganmu.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading