Sukses

Relationship

Sering Tidak Disadari, Ini 6 Tanda Seseorang Mengalami Pelecehan Secara Emosional

Fimela.com, Jakarta Pelecehan emosional sering terjadi dalam sebuah rumah tangga. Banyak pasangan bahkan tidak menyadari bahwa pasangan mereka secara emosional melecehkan mereka karena ada banyak manipulasi yang terlibat. Untuk membantumu memahami apakah kamu mengalami ini atau tidak, berikut adalah beberapa tanda yang merupakan tanda bahaya utama dari pelecehan emosional. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tidak Dapat Membuat Pilihan Sendiri

Ini adalah tanda pertama bahwa kamu sedang dilecehkan secara emosional. Jika kamu merasa bahwa pasanganmu terlalu terikat dengan kehidupan sosialmu, memberi tahu dirimu cara berbicara, apa yang tidak boleh dilakukan tanpa mengakui apa yang kamu inginkan, maka kamu harus membacanya sebagai tanda bahaya. Kamu harus memiliki kebebasan untuk membuat keputusan sendiri. Bahkan komentar kecil tidak dilakukan, kecuali kamu sendiri tahu apa yang kamu lakukan itu salah.

2. Membentakmu di Depan Orang Lain

Tidak ada yang berhak untuk tidak menghormatimu di depan orang lain bahkan jika itu adalah dirimu atau orangtuanya. Hal yang wajar jika pasanganmu membentak tetapi jika dilakukan setiap hari dan begitu sering, ini akan menjadi masalah, apalagi jika dilakukan depan orang. Tindakan ini jika dilakukan berulang akan memengaruhi kepercayaan dan harga diri korban. 

3. Ketika yang Satu Merasa Hina Terhadap yang Lainnya

Dalam hubungan yang sehat, kamu diharapkan menjadi pendengar yang baik dan menghormati pasangan meskipun tidak dibalas. Jika salah satu dari saling menyindir sepanjang waktu, menunjukkan rasa tidak hormat atau arogan, maka kamu harus tahu bahwa ini akan menjadi masalah dalam hubunganmu.

4. Mengancam

Jika salah satu dari kalian dengan cara apapun mengancam yang lain, kamu merasa seolah-olah dirimu merasa terancam maka kamu sebaiknya perlu menjauh. Ini adalah bentuk pemerasan, ancaman yang dapat mendorongmu atau pasangan menjauh dan ketakutan yang muncul, menurut penelitian.

5. Kamu Selalu Membela Diri

Jika kamu merasa telah membela diri terlalu banyak dan komunikasi positif hilang, kamu harus menganggap tanda ini sebagai pelecehan emosional, kalian berdua harus dapat berbicara secara terbuka satu sama lain. Kalian tidak harus selalu waspada atau melindungi diri dengan pasangan.

6. Menyalahkan

Dalam permainan ini, korban dibuat merasa seolah-olah dia yang salah dan pantas untuk menerima hukuman. Hal ini menurunkan kepercayaan diri pasangan dan pelecehan berlanjut karena korban mulai percaya bahwa dialah yang salah.

Nah, berikut tadi beberapa tanda jika seseorang atau dirimu mengalami pelecehan emosional. Tentu, pelecehan ini dapat berdampak pada kesehatan mental korban. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading