Sukses

Relationship

5 Tips Mengatasi Stres dalam Hubungan agar Tetap Harmonis

Fimela.com, Jakarta Kita sebagai manusia tidak diciptakan untuk sendirian. Wajar bagi kita untuk mendambakan pasangan untuk membentuk hubungan yang bermakna dengannya. Namun, karena ini adalah dua orang dengan genetik yang berbeda, latar belakang keluarga, budaya, dan banyak lagi, konflik pasti akan muncul berkali-kali dalam hubungan.

Saat kita stres, tubuh kita mengaktifkan respons melawan atau lari sebagai tindakan mempertahankan diri. Kita bereaksi dengan menjadi agresif atau melarikan diri dan membangun batasan di sekitar ego kita untuk melindungi diri kita sendiri.

Masalah dengan stres dalam hubungan itu bisa mendalam. Stres juga bisa perlahan mengikis fondasi dalam hubungan. Jika kamu tidak tahu bagaimana mengelola stres ini bisa jadi akan merusak hubunganmu. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Yuk, langsung simak beberapa hal ini untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi stres dalam suatu hubungan.

1. Fokus pada Keindahan

Alih-alih khawatir, alihkan perhatian dirimu ke sesuatu yang menurutmu indah dalam hubungan. Amati dan temukan kualitas yang menurutmu positif dan indah di dalamnya. Tuliskan semuanya dan kirimkan ke pasangan sebagai surat cinta.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, berfokus pada kecantikan atau hal-hal positif meningkatkan kesejahteraan emosional seseorang. Melakukan hal itu membuat kita lebih berharap dan tangguh. Setiap kali kamu mendapati diri mengeluh, alihkan pikiranmu pada apa yang kamu hargai dalam hubungan. Berpikir positif dan bersyukur untuk mereka.

2. Melatih Perhatian

Jangan terus-menerus mengingatkan pasangan tentang masa lalu yang menyakitkan. Jangan mendahului diri sendiri juga dengan membuat skenario terburuk di pikiranmu. Nikmatilah saat ini sebagai gantinya dan lakukan yang terbaik yang kamu bisa.

3. Belajar dari Kesalahan

Apa pun yang kamu alami saat ini dapat membuat atau menghancurkanmu. Apakah kamu ingin tumbuh dari pengalaman, atau kamu akan membiarkannya menghancurkan dirimu? Hanya kamu yang dapat membuat keputusan ini. Jadikan pengalaman ini sebagai pelajaran hidup bagimu.

4. Berhenti Berpikir Berlebihan dan Terlalu Banyak Menganalisis

Melakukan hal ini membutuhkan kedamaian dan kegembiraan dari hari ini. Ketika kita terlalu banyak berpikir dan menganalisis, kita mulai percaya pada kebohongan yang kita katakan pada diri sendiri. Ini hanya menyebabkan kebingungan, yang membuat kita membuat keputusan yang buruk. Jika kita mulai menyadari bahwa kita terlalu banyak berpikir dan terlalu banyak menganalisis lagi, ingatkan diri kita sendiri tentang kebenaran hubungan kita.

5. Kamu Tidak Dapat Mengontrol Semuanya

Belajarlah untuk menerima peristiwa dan orang-orang di sekitarmu tanpa perlu mengubahnya. Ambil napas dalam-dalam, rileks dan percaya pada prosesnya. Lepaskan hal-hal yang berada di luar kendali dan ikuti arus. Jika kamu perlu membuat keputusan, jangan mendasarkannya pada rasa takut tetapi pada harapan. Memiliki keyakinan di masa depan.

Jika perlu kamu dan pasangan mungkin membutuhkan ruang pribadi yang mana, kalian dapat menenangkan diri masing-masing dan akan kembali ketika suasana hati sudah membaik. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading