Sukses

Relationship

5 Cara Kuatkan Diri Menghadapi Cinta yang Bertepuk Sebelah Tangan

Fimela.com, Jakarta Saat kita mencintai seseorang, kita berharap bisa mendapatkan perasaan cinta yang sama. Hanya saja urusan hati dan perasaan tidak pernah bisa dipaksakan. Ketika cinta kita ternyata bertepuk sebelah tangan, maka kita perlu menerimanya dengan lapang dada.

Hanya saja tidak selalu mudah untuk bisa langsung move on setelah mengalami cinta sepihak. Hati yang terluka dan perasaan yang sedih membuat kita seakan kehilangan harapan hidup. Akan tetapi, kita bisa mengupayakan beberapa hal untuk kembali bangkit dan menguatkan diri lagi.

 

 

1. Pahami bahwa Hubungan Memiliki Sifat Dua Arah

Mengutip buku How to Love, cinta yang bertepuk sebelah tangan itu melelahkan dan menyedihkan karena tidak bersifat dua arah. Meskipun arahnya benar, sudut pandang yang tidak sejajar akan menyebabkannya terdistorsi. Hubungan akan macet jika keinginan antara pemberi dan penerima tidak bertemu dengan baik. Sebesar apa pun cinta yang diberikan oleh satu pihak, tidak akan terwujud jika si penerima tidak siap atau menolak untuk menerimanya. Memaksakan hubungan yang tak bisa dua arah hanya akan membuat kita menderita, jadi lebih baik relakan saja.

 

2. Berikan Porsi Cinta yang Lebih Besar untuk Diri Sendiri

Cintamu kepada seseorang tidak mendapat sambutan? Maka, coba alihkan saja besarnya cinta itu pada diri sendiri. Walau cinta sepihak bisa membaut kita merasa kehilangan harga diri, tapi kita bisa kembali meluangkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk makin menyayangi diri sendiri lebih dalam lagi.

 

 

3. Maafkan Siapa pun dan Apa pun

Yang membuat kita sangat sedih ketika mengalami cinta bertepuk sebelah tangan adalah kita merasa telah kehilangan bagian berharga dari diri kita. Kita sudah mencurahkan perasaan dengan segenap hati tapi kita tidak dihargai. Sehingga kadang kita jadi makin menyalahkan diri sendiri, orang lain, dan keadaan. Untuk bisa kembali kuat dan pulih, hadirkan maaf. Maafkan semuanya untuk meringankan perasaan.

4. Beri Waktu untuk Memulihkan Perasaan

Semua perasaan kacau dan tidak nyaman yang kita rasakan semuanya valid. Terima dan biarkan semua rasa itu mengalir dalam diri. Beri waktu untuk memulihkan dan menetralkan perasaan. Menangis, mencurahkan isi hati, dan melakukan hal yang bisa membuat kita nyaman bisa kembali menguatkan diri kita kembali.

5. Buat Perubahan Baru

Membuat perubahan baru bisa menjadi semacam penanda ada lembaran baru yang kita buka. Relakan dan terima cinta sepihak itu. Lalu, buat sesuatu yang baru pada dirimu. Entah dari segi penampilan, kebiasaan baru, atau rutinitas baru. Yang penting perubahan tersebut merupakan hal positif untuk membuat kualitas hidup lebih baik.

Semoga hatimu segera pulih dan dirimu kembali kuat, ya. Yakin saja cinta terbaik akan hadir di waktu yang paling tepat untukmu.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading