Sukses

Relationship

5 Cara Menyikapi Perasaan yang Awalnya Suka tapi Kini Bosan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah menyukai seseorang tapi lama kelamaan perasaan itu luntur dan berubah menjadi bosan? Dulu hati rasanya berbunga-bunga tiap kali berjumpa dengannya, tapi kini mendengar namanya saja rasanya sudah jengah. Perasaan yang dulu dipenuhi rasa suka bisa berubah dengan dipenuhi dengan rasa bosan.

Kali ini kita akan membahas soal perasaan yang berubah, dari suka menjadi bosan dalam sebuah hubungan asmara. Khususnya, bagi yang baru memulai sebuah hubungan tapi belum menginjak ke jenjang pernikahan. Menyikapi perasaan yang awalnya suka tapi perlahan berubah jadi rasa bosan, apa yang harus dilakukan?

 

1. Pahami Perubahan yang Ada sebagai Bentuk Adaptasi

Mengutip buku How to Love, hidup sambil mencintai sangatlah sulit. Hidup sendirian saja tidak mudah, apalagi dua insan yang bertemu dan beradaptasi dengan dunia sebagai sebuah tim. Itu seperti sebuah keajaiban. Ibarat menari, ini seperti harus menari sesuai irama dan ritme dengan kondisi pasangan, musik, dan jenis tarian yang terus berubah. Perubahan perasaan yang terjadi bisa ada proses adaptasi yang perlu dilalui. Adaptasi untuk bisa menerima hal-hal baru yang terjadi di dalam dinamika hubungan yang ada.

2. Komunikasikan dengan Pasangan

Kalau kamu tipe orang yang mudah mencurahkan isi hati dan perasaan melalui komunikasi langsung, kamu bisa langsung menyampaikan hal yang kamu rasakan ke pasangan. Siapa tahu memang ada masalah yang mendasari perubahan perasaan tersebut, sehingga bisa dicari solusinya bersama. Misalnya, rasa bosan yang ada muncul karena kamu dan pasangan punya kesibukan yang padat dengan pekerjaan sehingga seringkali sudah kehabisan energi ketika menghabiskan waktu bersama.

 

3. Coba Hal Baru untuk Pertama Kalinya

Mencoba hal baru bersama-sama bisa jadi salah satu cara efektif untuk atasi rasa bosan. Kalau selama ini lebih sering menghabiskan waktu di satu kafe yang sama, maka saatnya mencoba ke kafe atau tempat makan baru untuk dikunjungi. Hadirnya variasi dalam rutinitas mungkin bisa bantu atasi kejenuhan yang dirasakan.

4. Ambil Jarak untuk Sementara Waktu

Bisa jadi kamu dan pasangan sedang bergumul dengan masalah yang belum bisa diceritakan atau dibagikan. Sehingga perlu waktu untuk mengatasinya lebih dulu. Mengambil jeda dan jarak untuk sementara waktu bisa jadi salah satu upaya untuk mengatasi persoalan pribadi lebih dulu, sehingga ketika kembali bersama sudah punya prioritas dan komitmen yang lebih kuat lagi.

 

 

5. Cek Lagi Tujuan yang Ingin Dicapai Bersama

Apakah masih sejalan? Apakah masih punya tujuan yang ingin dicapai bersama? Cek lagi tujuan yang ingin dicapai bersama. Bisa jadi rasa bosan muncul karena sudah tidak lagi selaras atau memilih jalan yang berbeda dalam hubungan tersebut. Sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, perlu adanya komunikasi kembali soal keselarasan tujuan dan komitmen yang mau dipegang bersama.

Kalau menurut Sahabat Fimela, apa cara terbaik yang bisa dilakukan saat perasaan yang awalnya suka perlahan menjadi rasa bosan? Semoga apa pun langkah yang diambil bisa menghadirkan kebaikan bersama, ya.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading