Sukses

Relationship

5 Cara Kuatkan Diri saat Merasa Tidak Dicintai Orang Terdekat

Fimela.com, Jakarta Saat kita menyayangi seseorang, ada keinginan untuk mendapatkan rasa sayang yang sama dari orang tersebut. Ketika kita mencintai seseorang, ada harapan kita bisa dicintai dengan baik olehnya. Hanya saja kita tak punya kuasa mengatur hati dan perasaan orang lain.

Perasaan tidak dicintai orang terdekat bisa membuat kita merasa terpuruk. Kita bisa merasa terkucilkan dan tersisihkan, dan ini bisa membuat kita kehilangan harapan dalam hidup. Namun, jangan sampai itu membuat kita merasa putus asa dalam menjalani hidup. Masih ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk kembali kuatkan diri.

 

1. Curahkan Lebih Banyak Cinta untuk Diri Sendiri

Saat merasa tidak cukup dicintai oleh orang terdekat, maka kita perlu mencurahkan lebih banyak cinta untuk diri sendiri. Perkuat usaha untuk lebih menyayangi dan mencintai diri sendiri. Mengutip buku How to Respect Myself, jika kita mencintai diri sendiri maka hidup akan menjadi lebih mudah. Kita merasa seperti ada yang menemani meskipun berjalan sendirian. Saat kita kesepian karena merasa tidak cukup dicintai oleh orang terdekat kita, maka kita bisa memperkuat upaya kita untuk merawat diri dengan lebih baik.

2. Ingatkan Diri bahwa Hidup Ini Berharga

Tidak semua orang bisa memberikan cinta sebesar cinta yang kita berikan untuk mereka. Ini karena kita tak pernah bisa mengontrol atau mengatur perasaan semua orang. Sehingga, pilihan terbaik yang ada saat ini adalah tetap memperjuangkan hidup dengan sebaik-baiknya. Hidup kita berharga dan masih ada banyak cinta dan pengalaman yang dapat kita raih dalam perjalanannya, jadi tetaplah tersenyum saat menyambut hari.

3. Ringankan Perasaan dengan Bersedih Secukupnya

Kalau ingin menangis, tak apa keluarkan saja air mata. Beri waktu dan proses untuk diri kita agar bisa lebih tenang. Ringankan perasaan dengan bersedih secukupnya. Perasaan tidak dicintai bisa terasa sangat menyakitkan. Sehingga, seringkali kita butuh waktu sendiri untuk mengurai perasaan sedih agar lebih tenang.

 

4. Netralkan Ekspektasi yang Berlebihan

Tak selamanya kita bisa mendapatkan apa yang kita tebar. Cinta yang kita berikan pada orang lain tak selalu berbalik dalam "kadar yang sama" kepada kita, dan itu tak perlu membuat kita merasa sedih berlebihan. Lebih baik netralkan ekspektasi berlebihan. Tak perlu merasa harus mendapat imbalan tiap kali kita menyayangi atau mencintai seseorang. Sebab mencintai orang lain tak ubahnya mensyukuri kehadirannya dalam kehidupan kita.

5. Lapangkan Hati untuk Tetap Mencintai

Saat merasa tidak dicintai, kita mungkin akan menyalahkan banyak hal termasuk diri sendiri. Lapangkan hati tanpa harus menyalahkan diri sendiri. Tak perlu juga menyalahkan keadaan atau orang lain. Tetaplah mencintai dengan setulus hati kepada siapa pun. Lapangkan ruang di hati untuk menghadirkan lebih banyak kebaikan dari perasaan cinta yang kita bagikan kepada orang lain. Dengan begitu, hidup kita akan terasa lebih indah.

Terima kasih sudah berbagi cinta yang indah dan tulus hingga saat ini. Semoga kebaikan dan kebahagiaan senantiasa menyertai hidupmu, ya.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading