Sukses

Relationship

4 Alasan Kamu Masih Jomblo, Sering Terjadi Namun Tak Disadari

Fimela.com, Jakarta Bagi setiap orang, menjalin hubungan menjadi momen yang cukup mengesankan. Menjalin hubungan asmara juga membuat hidup seseorang terasa lebih bermakna. Mengenai jalinan hubungan asmara ini, kapan terakhir kali kamu menjalin hubungan asmara? Atau jangan-jangan kamu belum pernah menjalin hubungan asmara dan berkomitmen dengan orang lain? 

Menjalin hubungan asmara tentu bukan perkara mudah. Harus ada kecocokan antara satu sama lain. Harus ada sikap saling mengerti, memahami dan cinta yang tak bisa hanya dijelaskan lewat kata-kata. Tak heran jika tidak sedikit orang memilih untuk tetap menjomblo. Tak sedikit orang yang nyatanya merasa nyaman justru ketika ia sendiri dan tak terikat hubungan dengan siapapun. 

Selain karena alasan nyaman sendiri, ada beberapa hal yang juga mendorong seseorang untuk memilih menjalani hidup sendiri. Mengutip dari laman InStyle.com, inilah beberapa alasan kenapa seseorang masih betah jomblo.

Kesulitan Membuka Hati

Alasan umum kenapa seseorang masih jomblo adalah sulitnya ia membuka hati untuk orang lain. Kesulitan ini biasanya akan diperparah dengan trauma, rasa takut, cemas dan kurang percaya atas perasaan orang lain. Beberapa pengalaman hidup seseorang membuatnya begitu sulit untuk membuka hati dan memberi ruang untuk orang lain hadir di hidupnya. Beberapa orang justru merasa nyaman saat ia sendiri dan tak terikat hubungan dengan siapapun.

Rendahnya Rasa Percaya Diri

Alasan selanjutnya kenapa seseorang masih jomblo adalah rendahnya rasa percaya diri dalam dirinya. Orang ini merasa selalu ada yang kurang dalam dirinya sehingga ia merasa kurang pantas untuk menjalin hubungan asmara. Seorang pelatih kencan My Ex Back, Lee Wilson mengungkapkan jika ketika rasa percaya diri seseorang rendah, ini menghambatnya untuk dekat dengan orang lain. Ini juga menghambatnya untuk bisa menjalin hubungan yang lebih serius dan baik.

Terlalu Cepat Jatuh Cinta

Kita memang tak pernah tahu kapan akan jatuh cinta. Namun, ketika kita terlalu cepat jatuh cinta dan mengharapkan sesuatu yang lebih dari teman kencan, ini bisa membuat hubungan selalu gagal bahkan ketika hubungan tersebut belum dimulai. Kita yang berharap lebih pada suatu hubungan apalagi di awal perkenalan akan membuat teman kencan kita merasa tidak nyaman dan memilih untuk meninggalkan kita. 

Jika kita memiliki kebiasaan terlalu cepat berharap lebih atas perkenalan yang kita lakukan, ini akan membuat kita lebih sulit menemukan seseorang yang benar-benar tepat. Untuk hubungan yang serius apalagi pernikahan, setidaknya butuh perkenalan lebih jauh dan jelas. Ini juga butuh pemikiran yang tak sebentar.

Terlalu Melindungi Diri dari Patah Hati

Alasan selanjutnya kenapa kamu masih jomblo adalah kamu terlalu melindungi diri dari patah hati. Ini bisa saja kamu lakukan dengan terlalu membatasi diri untuk membuka hati, menginginkan kesempurnaan dari pasangan tapi kamu sendiri jauh dari kata sempurna, kamu terlalu pemilih untuk urusan teman apalagi pasangan, kamu menyibukkan diri dengan hal lain dan menghindari kencan. 

Ketika seseorang jatuh cinta, salah satu konsekuensi yang harus dihadapi adalah patah hati. Dan ketika kamu terlalu melindungi diri dari patah hati, ini membuatmu begitu sulit membuka hati dan menemukan pasangan hidup. 

Itulah beberapa alasan kenapa seseorang masih juga jomblo dalam waktu lama. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Loading