Sukses

Relationship

10 Alasan Seseorang Takut Jatuh Cinta, Salah Satunya Takut Gagal

Fimela.com, Jakarta Jatuh cinta adalah hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Tapi, setiap orang punya cara masing-masing untuk menyikapi perasaan cintanya. Beberapa orang mungkin akan begitu semangat dan bahagia karena telah jatuh cinta. Namun beberapa orang lainnya mungkin akan bersikap biasa saja, seolah ia tak pernah jatuh cinta dan berusaha melupakan cinta tersebut bagaimana pun caranya. 

Butuh kekuatan khusus untuk menghadapi seseorang yang kita cintai. Tentunya agar cinta tersebut terbalaskan dan kita mendapat hubungan seperti yang kita doakan setiap harinya. Ketika kita tidak memiliki kekuatan khusus, kita pun akan lebih berani menunjukkan cinta tersebut dan menerima setiap konsekuensinya, apakah cinta itu terbalaskan atau justru ditolak. 

Takut ditolak atau gagal dalam percintaan menjadi hal yang seringkali membuat seseorang takut jatuh cinta. Mengutip dari laman applygodsword.com, selain takut gagal ada banyak hal yang membuat seseorang takut jatuh cinta. Apa saja?

Alasan Umum Seseorang Takut Jatuh Cinta

Perlu kita tahu bahwa tidak sedikit orang di dunia ini yang terlalu takut untuk jatuh cinta. Akhirnya mereka memilih untuk melajang dan membatasi diri dari orang-orang yang berpotensi membuatnya jatuh cinta. Ketakutan akan jatuh cinta ini sendiri bisa didasari oleh berbagai macam hal. Hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Takut terlihat rentan dan lemah. Ini adalah alasan umum yang dimiliki oleh orang-orang yang terbiasa mandiri dan menaruh rasa percaya diri berlebih pada dirinya sendiri. Ketika seseorang takut dianggap lemah oleh pasangannya sendiri, ia akan kesulitan jatuh cinta atau sekedar membuka hati pada orang lain.
  2. Tidak pernah memiliki bayangan untuk menjalani hidup bersama orang lain atau pasangan. Terbiasa nyaman sendiri dan bisa melakukan segalanya sendiri sering kali membuat seseorang lupa bahwa ia juga butuh pendamping hidup di sisinya. Kesibukan atau aktivitas yang terlalu padat juga membuat seseorang lupa bahwa ia butuh cinta di hidupnya. 
  3. Trauma akan masa lalu juga sering kali membuat seseorang takut jatuh cinta. Masa lalu yang membuatnya sakit hati dan tidak percaya pada cinta akan memperburuk ketakutannya pada momen jatuh cinta. 
  4. Beberapa orang memang terlahir suka menyendiri. Hal ini juga sering kali kesulitan membuka hati untuk orang lain atau jatuh cinta. 
  5. Banyak orang yang merasa takut gagal setelah jatuh cinta. Perlu kita tahu, kegagalan dalam hubungan adalah suatu hal yang wajar. Jika kita terus menerus merasa takut mengalami kegagalan, kita akan semakin sulit buat jatuh cinta. Ketika kita tak pernah mencoba untuk jatuh cinta dan dicintai, kita tak akan pernah tahu apakah hubungan itu akan gagal atau justru langgeng serta membuatmu makin bahagia.
  6. Beberapa orang takut akan kehilangan kendali saat jatuh cinta dan menjalani hubungan asmara. Ketakutan inilah yang membuatnya sulit menemukan cinta. Ini rentan membuat seseorang betah melajang. 
  7. Tidak bisa menjadi diri sendiri juga akan membuat seseorang takut jatuh cinta. Kunci cinta bahagia dan langgeng adalah saat kamu serta pasangan bisa sama-sama menjadi diri sendiri dan saling menerima akan hal itu. 
  8. Saat kamu tidak suka mengambil risiko dalam hidup, ini juga rentan membuatmu takut jatuh cinta. 
  9. Kamu yang memiliki harapan lebih pada pasangan juga akan membuatmu takut jatuh cinta. Seseorang akan kesulitan jatuh cinta ketika ia terlalu pemilih dan mematok lebih dari kriteria pasangan yang diinginkan. 
  10. Kurangnya rasa percaya diri. Ini juga membuat seseorang takut untuk jatuh cinta. Ada banyak hal yang membuat rasa percaya diri seseorang berkurang termasuk keluarga, kondisi keuangan atau pekerjaan. 

Itulah beberapa alasan atau penyebab kenapa seseorang takut buat jatuh cinta. Mengenai jatuh cinta, sebenarnya kita tak boleh takut untuk menjalaninya. Ketika kita berani jatuh cinta, kita pun harus berani untuk terluka serta kecewa. Jatuh cinta adalah momen yang membuat hidupmu jadi lebih berwarna dan penuh makna. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading