Sukses

Relationship

Mungkinkah Menjalin Hubungan Cinta dengan Perbedaan Usia yang Jauh? Ini Rahasianya Biar Langgeng

Fimela.com, Jakarta Sering kali ada stigma yang melekat pada hubungan cinta dengan perbedaan usia yang jauh dan orang-orang bisa dengan cepat membuat stereotip. Menurut Dr. Sarah Hill, psikolog dan profesor psikologi seksual di Texas Christian University, hubungan dengan perbedaan usia mungkin terasa unik, tapi sebenarnya mereka sama seperti pasangan lainnya, dengan beberapa pertimbangan tambahan.

Tidak ada aturan khusus tentang berkencan dengan seseorang yang memiliki perbedaan usia yang signifikan. Sama seperti semua hubungan yang baik, hubungan dengan perbedaan usia ditentukan oleh keintiman emosional, komitmen, keamanan, dan kepercayaan, terlepas dari usia pasangan yang terlibat.

1. Mengakui perbedaan yang ada

Jika kamu berkencan dengan seseorang dan ada perbedaan usia, kamu mungkin memiliki gagasan berbeda tentang hubungan cinta itu sendiri. Berada dalam hubungan dengan perbedaan usia bisa menciptakan lebih banyak ketidakpastian tentang rencana hidup karena keduanya mungkin berada pada tahap kehidupan yang berbeda.

Luangkan waktu secara aktif untuk memeriksa lini masa selama hubungan berlangsung. Jika kamu memiliki perbedaan, jangan takut untuk mengungkapkannya.

2. Terima bahwa teman dan keluarga mungkin tidak mengerti

Pastikan kamu siap menghadapi kemungkinan bahwa tidak semua orang akan mendukung keputusan ini. Daripada berpura-pura perbedaan usia bukanlah faktor, atasi secara langsung dengan meminta dukungan dari keluarga dan teman.

Untuk membantu, tonjolkan sifat-sifat baik pasangan atau sebutkan minat yang sama yang dimiliki kalian berdua. Jika ada orang lain yang tidak nyaman, tanyakan alasannya.

Bantu teman dan keluargamu memahami mengapa kamu memilih orang tersebut. Kamu tidak perlu meminta persetujuan mereka, tapi berbicara tentang hubungan cinta tersebut akan membuat mereka berpikiran terbuka.

 

 

3. Jangan takut mengatasi stereotip dengan pasangan

Umumnya orang akan memiliki kesalahpahaman. Daripada menghindar, bicarakan topik ini langsung dengan pasangan.

4. Fokus pada harga dirimu

Jika kamu tidak yakin untuk melangkah maju dengan pasangan hanya karena perbedaan usia, berhenti. Jangan biarkan kritik dan penilaian orang lain menjadi satu-satunya alasan.

Tidak ada salahnya mengambil lompatan dan melihat bagaimana hubungan tersebut berjalan, selama dinamikanya sehat. Sementara itu, pastikan fondasi hubungan tersebut dibangun di atas kepercayaan.

Apakah hubungan dengan perbedaan usia yang jauh bisa bertahan lama?

Sebuah studi di tahun 2019 oleh Journal of Population Economics melaporkan bahwa pasangan dengan perbedaan usia 1 sampai 3 tahun memiliki tingkat kepuasan hubungan yang tinggi. Studi tersebut mencatat bahwa semakin signifikan perbedaan usia, semakin besar kemungkinan ketidakpuasan meningkat.

Namun, sebuah studi di tahun 2016 oleh Galen Medicine Journal mengungkapkan bahwa selama jarak usia antara pasangan kurang dari 10 tahun, kepuasan hubungan sebenarnya lebih tinggi. Yang sebenarnya dibutuhkan adalah komunikasi secara terbuka, jujur tentang apa yang dicari, dan berusaha konsisten.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading