Sukses

Relationship

5 Alasan Sulit Melupakan Mantan Kekasih Menurut Psikolog

Fimela.com, Jakarta Mengalami putus cinta mungkin akan menjadi pengalaman buruk dalam hidupmu. Rindu, kecewa, dan rasa cinta yang masih tersisa membuatmu mengalami patah hati setelah hubungan kandas. Hal yang harus dilakukan setelah putus cinta adalah move on, namun prosesnya tidak mudah. Bagi beberapa orang, mantan akan membekas dalam ingatan dalam waktu yang lama walaupun sudah tidak lagi ada rasa cinta. 

Ikatan emosional dengan mantan kekasih bisa menjadi salah satu alasanmu sulit move on. Melansir dari Well and Good, psikolog klinis mengatakan ada faktor lain yang membuatmu selalu teringat mantan kekasih. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Overthinking

Alasan kamu tidak bisa melupakan mantan mungkin karena dirimu yang overthinking. Merenungkan perpisahan adalah hal yang wajar, namun bila dipikir secara berlebihan akan berdampak buruk. Seorang overthinker biasanya akan berpikir segala alasan yang membuat hubungannya kandas. Pikiran ini akan menimbulkan pertanyaan yang tidak berujung. Apalagi bila dirimu sendiri sulit menjawab pertanyaan yang terlintas di kepala. Hal ini yang membuatmu selalu teringat mantan kekasih. 

2. Mengalami Trauma Masa Lalu

Menurut psikolog, bila kamu pernah mengalami trauma yang di picu oleh putus cinta maka ingatan akan mantan kekasih akan selalu muncul bahkan setelah bertahun-tahun. Baik trauma ditinggalkan teman, kehilangan orang tua, atau yang lainnya akan memicu perasaan takut berpisah dengan orang lain. Karena inilah kamu takut diabaikan dan merasa terpuruk saat hubunganmu kandas.  

3. Mantan Tidak Merasa Bersalah Setelah Menyakiti

Merasa sangat tersakiti oleh tindakan mantan baik karena cara, bentuk, atau perilaku apa pun menjadi salah satu alasan mengapa ingatan tentangnya bisa melekat dibenakmu. Misalnya mantan pernah berselingkuh, menyakiti secara fisik, atau tindakan buruk lainnya menyebabkan hati terluka terlalu dalam. Apalagi bila ia meninggalkanmu tanpa rasa menyesal, rasa kecewa dan bingung akan menguasai dirimu. Sulit move on karena alasan yang satu ini bisa disebabkan karena hati yang belum memaafkan dan tidak rela akan perilaku mantan di masa lalu.

4. Pola Berulang saat Putus

Alasan yang sama saat menyudahi hubungan untuk yang kesekian kalinya bisa jadi faktor kamu sulit melupakan mantan. Misalnya pada semua hubungan asmara yang pernah kamu jalani kandas karena alasan selingkuh, maka pola berulang ini yang membuat ingatan tentang mantan kekasih melekat padamu. 

5. Putus Cinta Memberi Dampak Sosial Besar

Dalam beberapa kasus, putus cinta bukan hanya antara dua orang yang berpisah, namun juga keluarga, teman, atau kolega yang lain. Koneksi sosial yang dibangun selama menjalin hubungan asmara akan merasakan dampak dari putusnya hubunganmu dan mantan. Hal ini akan memberi perasaan tidak nyaman saat bertemu kolega yang bersangkutan dengan pasangan bahkan yang terburuk bisa membuatmu menarik diri dari lingkungan sosial. 

Putus cinta memang bukan hal yang mudah dilalui. Beri waktu untuk diri sendiri dan buat kenangan dengan mantan menjadi pelajaran hidup. Terus mengenang masa lalu bukanlah hal baik. Kamu pasti bisa melewati proses move on dengan baik.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading