Sukses

Relationship

Tata Cara Pernikahan Dalam Islam yang Baik dan Benar

Fimela.com, Jakarta Menurut islam pernikahan merupakan salah satu momen yang sangat sakral, dimana pernikahan menjadi akan sangat bermakna karena beribadah kepada Allah SWT serta mengikuti Sunnah Rasulullah. Selain itu adapun beberapa tujuan dalam pernikahan adalah melaksanakan perintah Allah dan sunah rasul, selain itu mencegah dari perbuatan zina.

Ternyata dalam Islam terdapat beberapa tata cara pernikahan yang bertujuan untuk membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. Pasalnya pernikahan merupakan salah satu prosesi yang sakral dan akan menyatukan kedua orang asing yang sudah menjadi sepasang suami istri yang sah.

Adapun beberapa tata cara pernikahan dalam Islam yang perlu kamu tahu sebagai muslim, tata cara pernikahan menurut islam sendiri sudah di sesuaikan oleh Al-Qur’an dan hadist yang shahih. Berikut beberapa tata cara pernikahan dalam islam yang perlu kamu tahu:

1. Khitbah (Meminang)

Jika ada seorang muslim yang akan melangsungkan pernikahan tentu perlu mengisyaratkan untuk khitbah atau meminang terlebih dahulu. Selain itu, dalam islam juga melarang meminang perempuan yang sudah dipinang oleh orang lain.

2. Akad Nikah

Sebelum melakukan akad nikah perlu untuk diadakan khutbah terlebih dahulu, atau sering disebut sebagau khutbatun nikah. Beberapa syarat satu ini harus dipenuhi dalam akad yaitu adanya keberadaan kedua calon mempelai, ijab qabul, mahar, wali, dan para saksi.

3. Walimah

Walimatul ‘ursy memiliki hukum yang wajib dan baiknya untuk dilakukan sesederhana mungkin. Selain itu pada walimah ini ada baiknya untuk mengundang orang yang membutuhkan dibandingkan oleh orang mampu lainnya.

Tentu pernikahan dalam islam memiliki tujuan untuk mentaati perintah Allah SWT, dan ada baiknya sebagai seorang muslim untuk melakukan ibadah sebaik-baiknya dan menjauhkan dari berbagai macam hal buruk.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading