Sukses

Relationship

Cara Mengetahui Love Language yang Dimiliki Pasangan

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini, istilah love language sangat populer di media sosial. Sebenarnya apa sih love language itu? Love language atau bahasa cinta adalah salah satu cara atau bentuk seseorang dalam menunjukkan rasa cintanya kepada orang lain. Tidak hanya menunjukkan rasa cintanya saja, tapi love language juga menunjukkan kalau orang tersebut ingin dicintai dengan cara tersebut.

Konsep love language dikenalkan pertama kali oleh Dr. Gary Chapman, seorang pendeta, konselor, sekaligus penulis buku Five Love Language asal Amerika Serikat. Dr. Gary mempelajari lebih lanjut mengenai prinsip komunikasi dalam suatu hubungan dan mengenalkan sebuah bahasa cinta yang dapat diaplikasikan pada berbagai macam jenis hubungan. Jenis hubungan ini bisa terjadi pada keluarga, pertemanan, maupun hubungan romantis. Jadi, dapat diartikan bahwa love language adalah cara seseorang dalam mengekspresikan rasa cinta kepada orang lain.

Ada lima jenis love language, yaitu Words of Affirmation, Receiving Gift, Physical Touch, Quality Time dan Acts of Service. Setiap orang pasti memiliki salah satu jenis love language yang paling mendominasi. Lalu bagaimana cara mengetahui love language yang dimiliki seseorang atau bahkan dimiliki oleh pasanganmu sendiri? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Perhatikan Perilaku Pasangan

Cara pertama untuk mengetahui love language yang dimiliki pasanganmu adalah dengan memperhatikannya. Coba perhatikan bagaimana caranya dalam menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang kepada orang-orang di sekitarnya.

Misalnya dia suka memberikan hadiah kepada orang yang dia sayangi atau dia sangat excited ketika kamu memberinya sesuatu, bisa jadi love languagenya adalah receiving gift. Nah kalau dia suka memberikan kata-kata yang manis atau kata-kata yang bisa memberimu semangat, mungkin saja dia memiliki love language words of affirmation.

2. Dengarkan Dia

Mendengarkan apa yang dikeluhkan oleh pasangan juga bisa menjadi cara mengetahui love language yang dimiliki pasanganmu. Dari keluhannya, kamu bisa mengamati apa yang sebenarnya dia inginkan, lalu kamu bisa mengetahui jenis love language pasanganmu.

Contohnya dia sering mengeluh padamu kalau dia merasa kamu sangat cuek dan dia ingin kamu memperhatikannya lagi. Dari keluhannya ini menunjukkan kalau love languagenya adalah words of affirmation.

3. Coba Pahami Apa yang Diinginkannya

Selain mendengarkan keluhan dan memperhatikan sikapnya, kamu juga perlu memahami apa yang diinginkannya. Nah kamu harus bisa memahaminya dengan benar, jangan sampai salah paham.

Misalnya ia beberapa kali memintamu untuk membelikannya sebuah barang yang diinginkannya. Belum tentu karena dia matre ya, mungkin saja ia bersikap demikian karena love language yang dimilikinya adalah receiving gift.

Mulai sekarang coba lebih sering perhatikan pasanganmu. Apa love language yang dimiliki dari pasanganmu?

Loading