Sukses

Relationship

5 Cara Mengatasi Perasaan Cemburu yang Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Tidak jarang jika kita merasa cemburu dengan orang lain terutama dengan pasangan. Mungkin ada seseorang yang berperilaku sedikit menggoda pasanganmu atau mungkin teman terbaikmu sudah memiliki teman lain dan bersenang-senang dengannya.

Kecemburuan tentu akan sangat mengganggu, terkadang hal ini juga akan menciptakan jarak diantara kamu dan orang yang ingin kamu dekati. Maka dari itu untuk menyelesaikan masalah pribadi satu ini, seseorang harus mendapatkan ketenangan pikirkan atau meluangkan waktu untuk menyelesaikan perasaannya.

Selain itu kecemburuan juga memiliki suatu hal yang buruk, tidak jarang jika beberapa orang mengatakan hal seperti “jangan cemburu” dan sebagainya. Lalu bagaimana cara mengatasi cemburu yang berlebihan? berikut beberapa cara mengatasi cemburu yang berlebihan:

1. Akui Perasaan Cemburu yang Kamu Alami

Saat kamu merasakan cemburu dengan seseorang, maka akuilah rasa tersebut sebelum kamu melakukan beberapa kesalahan. Jika kamu merasa sedikit cemburu, maka cari tahu penyebab apa yang membuatmu cemburu. Sangat normal bukan untuk merasa cemburu sesekali? Jadi mulai sekarang akuilah dan katakan bahwa kamu cemburu.

2. Temukan Cara Terbaik untuk Meredam Emosi Cemburu

Mulai sekarang cobalah untuk belajar dalam memproses perasaanmu secara produktif, jika kamu ingin memiliki cara untuk mengatasi cemburu tersebut berbeda maka atasilah dengan baik dan luangkan waktu untuk mengontrol emosi dengan baik. Hal ini dapat kamu lakukan dengan olahraga atau meluangkan waktu sendiri.

3. Fokus Pada Dirimu Sendiri

Jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain, terkadang kita perlu menerima diri sendiri dengan apa adanya. Selain itu terkadang kecemburuan juga akan berakat dan dapat merusak segalanya, sangat penting saat merasakan kecemburuan yang mendalam untuk fokus dengan apa yang dimiliki.

4. Hentikan untuk Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Ingatlah bahwa setiap orang juga memiliki masalah tetapi, kita tidak tahu masalah yang dihadapi oleh orang lain. Selain itu terkadang hal ini sangat membuat kita untuk selalu tergoda dan berpikir bahwa kehidupan orang lain sangatlah sempurna daripada kita, inilah yang terkadang dapat memperkuat perasaan cemburu yang kita alami.

5. Berbicaralah Terbuka dengan Orang yang Membuatmu Cemburu

Jika kamu merasa cemburu dengan seseorang dalam hubungan atau persahabatan, sangat penting untuk berbicara dengan orang tersebut bagaimana perasaanmu saat cemburu. Jangan saling menuduh, terkadang hal ini tanpa kita sadari sering terjadi.

Perasaan cemburu sangatlah wajar terutama bagi kita yang memiliki pasangan atau orang terkasih. Jangan sampai perasaan cemburu yang kamu alami justru membuat pasanganmu merasa tidak nyaman dan membuat diri sendiri menjadi insecure. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading