Sukses

Relationship

5 Cara Kuatkan Diri setelah Berpisah dari Seseorang yang Dicintai

Fimela.com, Jakarta Mengalami perpisahan bisa membuat kita berada di titik terendah hidup. Apalagi bila perpisahan itu berkaitan dengan seseorang yang sangat kita cintai, maka pengalaman yang ada pun bisa terasa sangat pahit. Bahkan membuat kita seakan tak lagi punya semangat atau keinginan untuk melanjutkan hidup.

Bagi kamu yang saat ini sedang terpuruk karena baru mengalami perpisahan, jangan dulu merasa putus asa. Masih ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar bisa kembali menguatkan diri dan membuka lembaran hidup yang lebih baik lagi.

 

 

1. Berlapang Dada Menerima Perpisahan yang Terjadi

Mengutip buku How to Respect Myself, "Tidak perlu terlalu mengecap perpisahan sebagai hal yang buruk. Sebagaimana tidak ada hal yang mutlak baik, di dunia ini tidak ada juga hal yang mutlak buruk. Sendirian setelah berpisah memang membuat kesepian, tetapi juga membuat bebas." Perpisahan yang terjadi sudah menjadi bagian dari masa lalu. Kini, saatnya untuk berlapang dada menerima kenyataan yang ada. Bersedih secukupnya saja, karena ke depannya masih ada kebahagiaan baru yang bisa kamu rasakan.

 

 

2. Maafkan Semua Hal yang Sudah Terjadi

Maafkan dia. Maafkan dirimu. Maafkan juga keadaan yang ada. Berpisah dari seseorang yang kamu cintai memang bukan sesuatu yang menyenangkan. Namun, ketika kamu tak punya kuasa untuk memutar balik waktu, maka cobalah untuk memaafkan semua hal yang sudah terjadi.

 

 

3. Cintai Diri Sendiri Lebih Kuat Lagi

Coba peluk dirimu lebih erat lagi. Tepuk lembut bahumu yang sudah bertahan dengan baik hingga saat ini. Kini, saatnya untuk mencurahkan lebih banyak cinta untuk diri sendiri. Perpisahan memang menyakitkan, tetapi kamu masih punya banyak cinta untuk dibagi sekaligus dimiliki. Jadi, luangkan waktu untuk kembali membahagiakan diri sendiri.

 

 

4. Terhubung dengan Orang-Orang yang Kamu Sayangi

Perpisahan bisa menghadirkan rasa kesepian yang begitu pekat. Saat kamu merasa tak bisa menghadapi yang ada sendirian, cobalah untuk terhubung dengan orang-orang yang kamu sayangi. Berbagilah cerita dan isi hatimu kepada mereka. Atau kalau kamu merasa butuh bantuan profesional, izinkan dirimu untuk menghubungi psikolog atau psikiater demi memulihkan dirimu dengan lebih baik lagi.

 

 

5. Sambut Hari Baru dengan Senyuman

Masih ada hari-hari baru untuk dijalani dan dilalui. Masih ada kesempatan bagimu untuk membuka lembaran baru. Cobalah untuk menghadirkan senyuman baru di awal hari. Sambut hari-hari baru dengan harapan yang lebih baik lagi. Yakini bahwa masih ada banyak pengalaman menyenangkan yang akan menyambutmu di depan selama kamu tak putus asa atau menyerah.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar bisa move on dari perpisahan. Semoga bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading