Sukses

Relationship

5 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan dengan Pacar

Fimela.com, Jakarta Cemburu merupakan emosi yang timbul ketika seseorang merasakan takut kehilangan perhatian, cinta, maupun hubungan dengan orang yang dia cintai karena adanya ancaman maupun persaingan dari orang lain. Ini menjadi salah satu reaksi alami yang akan dirasakan seseorang, terutama saat mereka sedang menjalin sebuah hubungan. 

Cemburu juga dapat muncul dalam berbagai tingkatan intensitas, mulai dari yang ringan hingga sangat kuat. Ada banyak faktor yang membuat seseorang merasa cemburu seperti kurangnya kepercayaan, pengalaman masa lalu yang buruk, rendahnya harga diri, serta ketidaknyamanan. 

Lalu bagaimana jika kita memiliki perasaan cemburu yang berlebihan? Sangat penting bagi pasangan untuk mengelola perasaan cemburu agar tidak merusak hubungan. Ini dia beberapa cara mengatasi perasaan cemburu yang berlebihan:

1. Komunikasi Perasaanmu dengan Pasangan

Ada baiknya untuk membicarakan perasaan cemburu yang kamu alami secara jujur dan terbuka, selain itu jelaskan apa yang kamu rasakan tanpa menyalahkan atau menuduh. Komunikasi menjadi salah satu jembatan untuk membantumu dengan pasangan. 

2. Membangun Kepercayaan yang Kuat

Perasaan cemburu memang sangat wajar, setiap orang tentu pernah mengalaminya dalam hubungan. Akan tetapi cobalah untuk memberikan kepercayaan penuh terhadap pasangan, jalin komitmen yang jujur, transparan, dan setia satu sama lain. Ini akan membantumu untuk membuktikan kepercayaan kepada pasangan. 

3. Fokus Pada Kualitas Hubungan

Cobalah untuk mengalihkan hubungan yang kamu miliki dengan pasangan, kalin kegiatan yang saling mendukung, berbagi minat yang sama, serta dapat memberikan komunikasi yang baik dengannya. Ini juga akan membangun kedekatan diantara kalian berdua. 

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri Sendiri

Cemburu seringkali terkait dengan perasaan tidak aman yang dialami oleh diri sendiri, kerjakan berbagai hal untuk meningkatkan kepercayaan diri. Kamu juga dapat mengembangkan minat maupun bakat, serta menjaga kesehatan fisik dan mental. 

5. Hindari Membandingkan Diri

Mungkin ini salah satu hal yang kerap sekali dilakukan oleh seseorang. Terkadang perasaan cemburu yang berlebihan akan membuat diri kita selalu membandingkan dengan orang lain. Fokuslah pada keunikan maupun kekuatanmu sebagai pasangan. 

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat mengalami rasa cemburu yang berlebihan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading