Sukses

Relationship

5 Kebiasaan Kecil yang Membuat Hubungan Lebih Langgeng

Fimela.com, Jakarta Untuk bisa memiliki hubungan yang lebih langgeng pastinya perlu upaya bersama untuk menjaga dan mempertahankan komitmen yang ada. Hal ini bisa dimulai dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang sederhana. Sesuatu yang sederhana bila dilakukan dengan ketulusan hati dan kesungguhan untuk merangkai masa depan yang lebih baik bisa membuat hubungan jadi makin kuat.

Berikut ini lima kebiasaan kecil yang bisa dicoba dan diadaptasi dalam hubunganmu agar bisa bertahan lama. Cinta yang dipupuk pun bisa makin subur dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Saling Mengapresiasi

Cobalah untuk lebih terbiasa mengapresiasi satu sama lain. Memberi pujian atas hal-hal baik yang dilakukan pasangan bisa menjadi cara untuk memperkuat cinta dan hubungan. Menyampaikan kekaguman atas hal-hal kecil yang dilakukan pasangan juga bisa lebih sering dilakukan. Saling mengapresiasi bisa menjadi fondasi kuat untuk hubungan yang lebih langgeng.

2. Saling Mendengar Kebutuhan

Kamu dan pasangan tidak bisa menjadi pembaca pikiran satu sama lain. Di sinilah pentingnya komunikasi yang baik. Bisa dimulai dengan lebih membiasakan untuk saling mendengar kebutuhan masing-masing. Lebih terbuka dalam menyampaikan keinginan dan kebutuhan akan memudahkan cara berkomunikasi yang lebih sehat lagi.

3. Saling Bekerjasama

Biasakan untuk bekerjasama dalam mengerjakan sesuatu atau dalam soal berbagi peran. Saat ada masalah yang perlu segera dicari jalan keluarnya, cobalah untuk bisa saling berkomunikasi dan membahasnya dengan diskusi yang terbuka. Tidak saling menuduh atau saling menyalahkan sebelum duduk bersama untuk bicara baik-baik. Sebuah hubungan bisa bertahan lama jika kamu dan pasangan punya kesadaran diri untuk saling bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama-sama.

4. Saling Menjaga Nilai-Nilai yang Disepakati Bersama

Saat sudah menyepakati sesuatu, cobalah untuk menjaga dan mempertahankannya. Ketika sudah ada komitmen untuk menjaga nilai-nilai yang diyakini bersama, cobalah untuk konsisten merawatnya. Mengutip buku Why Men Want Sex and Women Need Love, "Pasangan yang awet memiliki nilai serta keyakinan utama yang sama atau mirip." Nilai-nilai yang dimaksud ini terkait pembagian tugas, keuangan, standar kehidupan, lingkungan sosial, lingkungan keluarga, keintiman, hingga sikap dalam membesarkan anak.

5. Saling Meluangkan Waktu

Kamu dan pasangan punya kesibukan masing-masing. Di tengah semua kesibukan itu, cobalah untuk tetap membiasakan membuat jadwal yang bisa dinikmati khusus berdua. Cobalah untuk saling meluangkan waktu. Hal ini bisa menjadi tanda ada perhatian dan kepedulian besar yang masih dimiliki sebagai fondasi penting hubungan yang harmonis.

Semoga hubungan yang kamu jalani saat ini bisa senantiasa harmonis dan langgeng, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading