Sukses

Relationship

5 Cara Membuat Hati Damai Meski Cinta Tak Terbalaskan

Fimela.com, Jakarta Menyukai seseorang akan membuatmu bahagia dan merasa berbunga-bunga. Kadang rasanya jadi tak sabar untuk menyatakan perasaan. Namun keberuntungan tidak dimiliki semua orang. Bila orang yang disukai tidak memiliki perasaan yang sama sepertimu, maka kemungkinan besar pernyataan cintamu akan ditolak. Hati yang mulanya berbunga-bunga seketika hancur.

Penolakan cinta memang membuat sakit hati, namun bersedih terlalu lama pun tidak baik. Kamu harus bangkit kembali dan menjalani hari dengan baik. Lupakan sakit hati dan kembalilah bersemangat. Agar dapat memulihkan hati setelah mendapat penolakan cinta, berikut cara membuat hati merasa damai dilansir pada Psychology Today.

1. Melakukan Perawatan Diri

Menjaga diri dengan perawatan diri bisa memberi efek menenangkan dan meningkatkan mood. Tubuh yang diurus dengan baik akan membuatmu nyaman. Makan secara teratur, olahraga, istirahat cukup, bila perlu melakukan skincare bisa sangat membantu. Meski cara ini merupakan perawatan luar tubuh, bisa berdampak juga pada mental. Bila perlu lakukanlah meditasi dan menulis jurnal untuk melepaskan emosi yang terpendam.

2. Terkoneksi dengan Orang Lain

Mengobati patah hati bisa dilakukan dengan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat. Lakukan kegiatan menyenangkan agar emosi positif dalam diri kembali terisi. Kamu juga bisa bercerita pada orang terdekat untuk melepas kekhawatiran yang dirasakan. Pastikan untuk memilih teman cerita yang dapat dipercaya agar hati merasa lega setelah berkeluh kesah.

3. Terima Kesedihan dan Emosi Negatif Lainnya

Menolak kesedihan bukan cara baik untuk dilakukan. Emosi yang sengaja dipendam berpotensi meluap di kemudian hari dan memperburuk kondisi mental. Saat sakit hati karena cinta ditolak, terimalah kesedihan tersebut. Menangis, merenung, atau menemui konselor adalah cara terbaik untuk menerima emosi negatif. Hati akan terobati bila kamu ikhlas menerima kenyataan, bukan lari dan bersikap layaknya tidak ada yang terjadi.

4. Lakukan Aktivitas Fisik

Banyak ahli mengatakan bahwa olahraga berpengaruh signifikan pada kesehatan mental. Tak terkecuali aktivitas fisik, kegiatan ringan yang mudah dilakukan kapan pun juga bisa meningkatkan suasana hati. Bernyanyi, menari, atau kegiatan fisik lainnya bisa jadi ide kegiatan untuk memperbaiki suasana hati.

5. Terima Kenyataan

Terima fakta bahwa kamu dan dia memang tidak ditakdirkan bersama. Baik ditolak karena ia tidak memiliki perasaan yang sama atau tuntutan keadaan, melupakannya adalah langkah untuk lepas dari sakit hati. Mungkin kalian memang tidak ditakdirkan bersama, dan terbukalah dengan kesempatan bahwa ada orang lain yang lebih pantas untukmu. Jangan banyak memikirkan tentangnya, segeralah move on.

Membuat hati damai setelah mendapat penolakan cinta dimulai dari menerima kenyataan dan kesedihanmu. Cinta tak terbalaskan bukan akhir dari hidupmu.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading