Sukses

Relationship

5 Kesalahan dalam Hubungan yang Dilakukan Tanpa Sadar, Bisa Menyebabkan Hubungan Hancur

Fimela.com, Jakarta Menjaga hubungan harmonis dan tahan lama tidaklah mudah. Meski sudah melakukan yang terbaik dengan banyak pengorbanan, terkadang hubungan tetap kandas dengan menyakitkan. Tak jarang putusnya hubungan asmara disebabkan oleh kebiasaan pasangan yang kerap kali diulang.

Tanpa sadar, masalah dalam hubungan bukan hanya tentang perselingkuhan, manipulatif, atau kekerasan. Namun juga perilaku dan cara menyikapi pasangan. Agar hubunganmu dan pasangan tetap awet dan harmonis, hindari kesalahan di bawah ini yang dilakukan banyak orang tanpa sadar.

1. Tidak Menghargai Pasangan

Jangan hanya dirasakan, penghargaan pada pasangan harus ditunjukkan. Merasa dihargai sangat penting dalam hubungan karena menunjukkan rasa syukur atas kehadiran pasangan. Meski tidak ada pengorbanan besar dari pasangan, tunjukkan apresiasi sebagai bentuk penghargaan atas kehadiran pasangan. Tindakan ini menunjukkan bahwa kamu bahagia atas dirinya.

2. Tidak Percaya Pada Pasangan

Merasa curiga atau bahkan menuduh pasangan atas tindakan buruk bisa membuat hubungan kandas. Hubungan yang kurang kepercayaan seperti rumah yang dibangun di atas pasir, tidak stabil. Kepercayaan adalah landasan komitmen yang kuat. Hilangkan ego dan tanamkan kepercayaan pada pasangan demi menghindari konflik.

3. Menuntut Kesempurnaan

Tiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mungkin pasanganmu tidak sesuai harapan atau tipe pasangan idealmu, namun bukan berarti mereka buruk. Menuntut pasangan untuk berubah jadi sempurna artinya tidak mampu menerima kekurangan pasangan. Tanpa sadar, tindakan ini adalah bentuk kamu merendahkan diri pasangan.

4. Masih Memikirkan Masa Lalu

Sering terbayang mantan, membandingkan pasangan dengan mantan, bahkan merasa rindu menjadi tanda kamu belum move on. Hubungan tidak akan dapat dipertahankan bila kamu masih terbayang masa lalu.

5. Acuh Pada Kebutuhan Pasangan

Merasa pasangan banyak menuntut? Mungkin dirimu yang kurang memahami kebutuhan pasangan. Meski terdengar sederhana, kebutuhan pasangan yang kerap diacuhkan akan membuatnya lelah bersamamu. Bila pasangan butuh untuk menghabiskan waktu bersama demi melepas rindu, cobalah luangkan waktu untuknya. Pengorbanan untuk memenuhi kebutuhan pasangan akan membuat hubungan semakin erat.

Kesalahan di atas tanpa sadar dilakukan oleh banyak orang. Inilah yang menyebabkan hubungan kandas meski tidak ada konflik besar. Sadari prioritas dalam hubungan dan diskusikan cara terbaik untuk menjaga keharmonisan hubungan.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading