Sukses

Relationship

4 Cara Bicara yang Membuat Orang Sangat Menyukaimu

Fimela.com, Jakarta Kemampuan berkomunikasi yang baik memang perlu dilatih. Hanya membaca teori saja belum cukup kalau kita tak benar-benar mempratikkannya dalam keseharian. Apalagi bila ingin membuat lawan bicara kita bisa menyukai kita, maka kita perlu berusaha untuk berlatih cara bicara yang mendukung terjalinnya komunikasi yang baik.

Mengutip buku How to Win Friends and Influence People, salah satu cara untuk membuat orang menyukaimu adalah berusaha membuat lawan bicaramu merasa penting, dan lakukan dengan setulus hati. Berdasarkan hal tersebut, maka kita bisa mencoba menerapkan cara bicara yang seperti agar bisa lebih disukai banyak orang.

 

 

1. Memperlihatkan Rasa Tertarik

Saat lawan bicaramu mengajakmu bicara, cobalah untuk memperlihatkan rasa tertarik. Jadilah semacam audiens yang sudah menantikan ucapannya. Beri dia kesempatan untuk bercerita dan menyampaikan hal-hal yang ingin ia bagi kepadamu. Hindari sikap menyela atau menghakimi kata-katanya. Dengan begitu dia akan merasa lebih dihargai dan dia bisa nyaman berbagi cerita kepadamu.

 

 

2. Beri Pujian atau Apresiasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aspek penting yang perlu diperhatikan agar orang menyukaimu adalah membuatnya merasa penting. Di sini kamu bisa coba untuk lebih sering memuji atau mengapresiasi dirinya. Tentu saja tidak dengan cara berlebihan. Berikan pujian dan apresiasi yang memang benar-benar tulus dari hati.

 

 

3. Mendengarkan Pendapatnya dengan Seksama

Saat dia menyampaikan pendapat, opini, atau sudut pandang cobalah untuk mendengarkan dengan penuh perhatian. Dengan menjadi pendengar yang baik untuk lawan bicaramu, dia bisa merasa lebih dihargai. Hal ini pun bisa membuatnya merasa lebih diterima apa adanya. Ketika kamu menunjukkan sikap bisa menjadi pendengar yang baik, maka sebenarnya kamu telah memperlihatkan upaya untuk menyambutnya dengan baik pula.

 

4. Mengikuti Saran yang Diberikannya

 

Saat lawan bicaramu memberimu saran dan kamu merasa itu bisa cukup membantumu mengatasi persoalan yang sedang kamu hadapi, kamu bisa mengikutinya. Lalu mengucapkan terima kasih saat saran yang diberikannya memberikan hasil yang cukup baik dan positif. Lawan bicaramu akan merasa sangat dihargai ketika kamu benar-benar mengikuti hal-hal yang ia sarankan. Dia akan merasa keberadaannya lebih bermakna dan dia bisa makin nyaman berkomunikasi denganmu.

Bagi yang ingin berusaha untuk membuat orang lebih nyaman berbicara dan berkomunikasi denganmu, bisa dengan mulai mencoba menerapkan strategi di atas. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading