Sukses

Relationship

5 Cara Mendapatkan Lagi Harga Dirimu setelah Patah Hati

Fimela.com, Jakarta Pengalaman patah hati bisa membuat harga dirimu seakan lenyap. Melanjutkan hidup setelah mengalami patah hati bukanlah hal yang mudah. Ada kepingan-kepingan harga diri yang perlu disatukan kembali, dan itu semua butuh waktu dan proses tersendiri.

Untuk bisa mendapatkan harga dirimu lagi setelah patah hati, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Bisa dimulai dengan melakukan hal-hal sederhana berikut ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Rasakan Setiap Emosi yang Hadir

Mengutip buku Think Like a Monk, "Kau bisa mengalihkan perhatianmu dari patah hati, tetapi solusi itu bersifat sementara. Kalau kau menyangkal perasaanmu, pada akhirnya kau akan menderita dalam cara-cara lain." Cobalah untuk merasakan setiap emosi dan perasaan yang hadir. Jelajahi setiap rasa yang ada sampai kamu bisa menemukan akar kekacauan yang ada dari pengalaman patah hati, lalu perlahan menguraikan persoalannya dengan cara paling nyaman. Kalau memang kamu butuh waktu untuk menangis dan bersedih, izinkan dirimu untuk mendapatkan itu agar hatimu bisa terasa lebih lega.

 

 

2. Terhubung Kembali dengan Dirimu Sendiri

Setelah patah hati, tak perlu buru-buru menjalin hubungan baru atau mencari pelampiasan dengan buru-buru berkencan. Cobalah untuk terhubung lagi dengan dirimu sendiri. Sayangi dan cintai dirimu dengan lebih dalam lagi. Setelah patah hati mungkin kamu merasa kehilangan harga dirimu. Namun, cobalah untuk memeluk dirimu sendiri lebih erat lagi. Kasihi dan sayangi dirimu dengan hati yang lebih penuh sebab kamu layak mendapatkan perubahan hidup yang lebih baik.

 

 

3. Berfokuslah pada Realitas

Sudahi romantisasi berlebihan atas hubungan yang sudah berakhir. Tak perlu lagi mengenang pengalaman yang sudah ada di masa lalu. Saatnya untuk memusatkan perhatianmu pada masa kini. Berfokuslah pada realitas saat ini, yaitu saat kamu perlu menyiapkan diri bangkit dan melangkah lagi ke depan. Kumpulkan lagi hal-hal baik yang masih bisa kamu perjuangkan dalam hidup. Sadari bahwa hidupmu saat ini berharga, maka kamu layak untuk mendapatkan perubahan yang lebih baik lagi ke depannya.

 

 

4. Tekuni Hal yang Menggembirakan

Hadirkan kembali rasa bahagiai di dalam hidupmu. Bisa dimulai dengan melakukan atau menekuni hal yang bisa membuatmu gembira dan bahagia. Harga dirimu bisa kembali pulih saat kamu bisa menemukan makna baru dalam hal-hal yang kamu kerjakan. Lakukan saja hal-hal yang bisa membangkitkan rasa bahagia. Selama itu tidak melukai atau merugikan siapa pun, kamu bisa melakukan apa pun yang bisa membuatmu kembali tersenyum dan tertawa.

 

 

5. Buat Perubahan Baru

Harga dirimu yang terluka karena pengalaman patah hati perlu diberi perhatian. Cobalah untuk membuat perubahan baru sebagai titik awal untuk hidup yang lebih baru lagi. Perubahan ini bisa dalam bentuk perubahan penampilan atau perubahan kebiasaan. Perubahan baru bisa menjadi awal untuk mendapatkan kembali harga dirimu yang berharga.

Semoga pengalaman patah hati bisa menjadi bagian dari proses pendewasaan dirimu, ya. Yakinlah cinta yang lebih indah sudah siap menyambutmu di depan.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading