Sukses

Relationship

5 Alasan Pasangan Melakukan Perselingkuhan Emosional, Bisa Jadi Karena Bisan!

Fimela.com, Jakarta Hubungan pernikahan adalah ikatan yang kuat yang diperlukan usaha untuk mempertahankannya. Namun, beberapa orang terjebak dalam hubungan yang tidak seharunya mereka jalin dengan orang lain di luar pernikahan. Beberapa orang terjebak dalam perselingkuhan baik secara fisik atau emosional. Biasanya hal ini terjadi karena seseorang merasa kesepian dan kurangnya cinta dari pasangannya.

Beberapa pria sangat mudah terjebak pada perselingkuhan emosional dengan perempuan lain. Perselingkuhan jenis ini mungkin tak tampak, karena tidak melibatkan hubungan fisik. Ada banyak alasan mengapa seseorang mudah terjebak pada perselingkuhan emosional terutama pria. Penasaran, apa saja alasannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Putusnya Komunikasi

Seringkali, pria merasakan kesenjangan komunikasi dalam hubungan utama mereka. Ini bukan tentang kuantitas kata-kata yang dipertukarkan tetapi kualitasnya. Hubungan emosional berkembang melalui pemikiran dan perasaan yang sama. Jika seorang pria merasakan kekosongan dalam komunikasi terbuka dengan pasangannya, dia mungkin secara tidak sengaja mencari hiburan tersebut di tempat lain.

2. Kebutuhan Emosional yang Tidak Terpenuhi

Urusan emosional dapat menjadi respons terhadap kebutuhan emosional yang tidak terpenuhi. Pria, sama seperti orang lain, mendambakan pengakuan, pengertian, dan dukungan emosional. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi dalam hubungan yang berkomitmen, kebutuhan tersebut mungkin dicari di tempat lain, sehingga mengarah pada berkembangnya ikatan emosional di luar kemitraan.

3. Kurangnya Apresiasi

Merasa tidak dihargai bisa menabur benih perselingkuhan emosional. Pria mungkin mengembara secara emosional ketika mereka merasa kurangnya pengakuan atau rasa terima kasih atas upaya mereka dalam hubungan. Penghargaan bertindak sebagai perekat yang kuat, dan tanpanya, hubungan emosional dapat terbentuk di tempat lain.

4. Mencari Hal Baru dan Kegembiraan

Hubungan, jika menjadi rutinitas, bisa kehilangan percikan api yang awalnya berkobar. Pria mungkin tanpa sadar mencari hal-hal baru dan kegembiraan, sehingga mengarahkan mereka untuk mengeksplorasi hubungan emosional di luar pasangan utama mereka. Urusan emosional dapat menawarkan pelarian dari hal-hal duniawi, memberikan sensasi sementara.

5. Masalag Rasa Tidak Aman dan Harga Diri

Masalah yang mendasari rasa tidak aman dan rendahnya harga diri dapat mendorong laki-laki untuk mencari validasi dari sumber eksternal. Urusan emosional bisa menjadi mekanisme penanggulangan untuk meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri. Penting untuk mengatasi rasa tidak aman ini dalam hubungan utama untuk mencegah penyimpangan emosional.

Meski perselingkuhan ini tidak berkaitan dengan perselingkuhan fisik, tentu jika pasangan mengetahuinya, ia akan merasa terkhianati. Ketika mengalami permasalahan ini, cobalah untuk membicarakannya berdua, jika perlu kamu bisa meminta bantuan orang terdekat atau terapis untk menyelesaikan masalah tersebut. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading