Sukses

Relationship

7 Cara Berteman dengan Mantan Tanpa Baper

Fimela.com, Jakarta Orang yang pernah berpacaran dengan seseorang, tetapi sudah putus, disebut mantan pacar. Tidak semua orang yang pernah berpacaran ingin atau perlu menjalin persahabatan setelah putus, tetapi hal ini bisa terjadi dan bisa menjadi hal yang baik.

Ada orang yang merasa mendapat pelajaran dan pengalaman dari mengenang mantan pacar mereka. Ada juga orang yang merasa sedih atau rindu saat mengingat mantan pacar mereka.

Untuk bisa berteman dengan mantan, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa keduanya setuju dan mendapat keuntungan dari persahabatan tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin berteman dengan mantan:

1. Beri Waktu pada Diri Sendiri

Beristirahatlah sejenak setelah putus, tidak ada aturan pasti tentang kapan kamu dan mantan bisa menjadi teman. Yang penting adalah memberi dirimu waktu untuk meratapi, menerima, dan menilai hubungan yang sudah berakhir. Beberapa pasangan memilih untuk tidak saling menghubungi untuk sementara waktu setelah putus, sementara yang lain mengurangi kontak mereka. Apapun pilihannya, menjaga jarak yang cukup adalah hal yang baik sebelum memulai persahabatan.

2. Rasakan Perasaan Dirimu

Hadapi perasaanmu wajar untuk merasakan berbagai emosi, seperti sedih, cemas, iri, marah, atau lega, setelah hubungan berakhir dan hubungan baru dimulai. Jika emosi ditekan, mereka bisa keluar secara tidak sadar di aspek lain dalam hidup kita. Oleh karena itu, apapun caranya, baik dengan menangis, berbagi dengan orang yang dipercayai, atau mengunjungi tempat untuk meluapkan emosi, akui dan hadapi perasaanmu. Perasaan kita juga memberi tahu kita tentang pengalaman kita, misalnya saat kita merasa dekat dengan seseorang, atau saat kita merasa tidak nyaman dengan suatu situasi.

3. Tentukan Jenis Persahabatan yang Ingin Kamu Miliki

Tentukan gaya persahabatan yang kamu Inginkan Seperti halnya dengan setiap hubungan baru, tentukan gaya persahabatan yang kamu inginkan dengan mantan. Penelitian Matthew membagi tiga jenis persahabatan berdasarkan variabel seperti jumlah teman, kedekatan emosional, dan lama persahabatan. Memikirkan aspek-aspek persahabatan ini dan menentukan apakah kamu dan mantan sepakat dengan gaya persahabatan yang akan kamu jalani dapat membantu dalam peralihan dari hubungan asmara menjadi persahabatan.

 

4. Tetapkan & Hormati Batasan

Buat & hormati batasan-batasan membantu kita merasa aman dan dihargai dalam segala jenis hubungan dan memungkinkan terjadinya hubungan yang memuaskan. Belajar cara membuat batasan dengan mantan penting untuk menentukan bagaimana kamu akan berinteraksi satu sama lain setelah beralih ke hubungan persahabatan. Buat batasan sejak awal untuk mencegah pelanggaran yang tidak perlu yang dapat merusak persahabatan yang baru.

5. Membawa Hal Baru

Coba hal baru mungkin tergoda untuk kembali ke cara-cara lama dalam berhubungan dengan mantan setelah memutuskan untuk menjadi teman, dan kamu mungkin menemukan dirimu terjebak dalam pola lama, yang bisa menyakitkan dan tidak produktif. Untuk menghindari hal ini, coba hal baru dalam persahabatan, seperti pergi ke tempat-tempat baru dan melakukan aktivitas yang berbeda bersama.

 

6. Terus Lanjutkan Menjalin Hubungan Lainnya

Saat menjalin persahabatan dengan mantan, tetaplah terbuka terhadap hubungan romantis dan seksual baru dan jangan lupakan hubungan dengan teman dan keluarga lainnya. Memiliki jaringan sosial yang luas menjaga persahabatan dengan mantan dari membawa beban penuh kebutuhan sosial dan emosional dari salah satu pihak.

7. Jaga Komunikasi Terbuka

Kamu tidak harus membagikan segala hal tentang kehidupan pribadi, tetapi komunikasikan dengan jelas tentang bagaimana persahabatan itu berjalan dan apakah kamu dan mantan mulai berhubungan dengan orang baru. Ini juga memberikan informasi yang membantu menilai dampak persahabatan dan seberapa baik kamu dan mantan dapat menjaga persahabatan. Ingatlah bahwa jika persahabatan tidak cocok untuk satu pihak, maka itu tidak akan cocok untuk semua.

Nah, itulah beberapa cara untuk berteman dengan mantan yang dapat kamu coba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading