Sukses

Update

BMKG Jelaskan Suhu Dingin yang Jadi Trending Topic Twitter

Fimela.com, Jakarta Warganet mengungkapkan terjadinya suhu dingin di sejumlah daerah di Indonesia. Ungkapan ini membuat tagar "Dingin" jadi salah satu topik yang paling banyak dibahas di Twitter.

Mengutip dari data Suhu Minimum Harian Indonesia dari Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG pada 25-26 Juli 2021, suhu udara di Indonesia berkisar 14-26 derajat celsius.

Suhu terendah dengan 14 derajat Celsius terjadi di wilayah Kabupaten Timika, Papua. Sementara suhu tertinggi dengan 27 derajat Celsius terjadi di Kepulauan Riau, sisi timur laut Tanjung Pinang.

BMKG pun menjelaskan beberapa penyebab terjadinya suhu dingin yang dirasakan di sejumlah wilayah di Indonesia. Di antaranya langit yang cendeurung bersih tanpa banyak awan membuat panas yang diserap bumi tidak terpancarkan kembali secara merata ke permukaan bumi.

 

Penyebab suhu dingin

Panas tersebut akan langsung dilepaskan atmosfer luar. Hal inilah yang menyebabkan udara yang ada di dekat permukaan akan terasa lebih dingin. Apalagi pada malam hingga pagi hari.

Angin Monsun Australia juga menjadi faktor lain dari terjadinya suhu dingin di Indonesia. Angin yang bertiup menuju wilayah Indonesia melewati perairan Samudra Indonesia yang memiliki suhu permukaan laut yang relatif lebih dingin. Hal ini mengakibatkan beberapa wilayah di Indonesia, terutama di selatan khatulistiwa terasa lebih dingin.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Gempa Guncang Pacitan dengan Magnitudo 5,2 Tidak Berpotensi Tsunami
Artikel Selanjutnya
BMKG Rilis Peringatan Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah di Indonesia