Sukses

Update

500 Ribu Dosis Vaksin Johnson & Johnson untuk Masyarakat Usia 18+ Tiba di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sebanyak 500.000 dosis vaksin Johnson & Johnson atau Janssen tiba di Indonesia melalui bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (11/9/2021). Ini merupakan dukungan Kerjasama dari Pemerintah Belanda yang ketiga kalinya setelah sebelumnya Indonesia menerima 657.000 dosis vaksin AstraZeneca dari Belanda.

Vaksin Janssen telah memperoleh izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI pada 7 September 2021.

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan, vaksin Janssen ini diperuntukkan bagi masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas dengan dosis sekali suntik. Pada tahap awal, vaksin ini akan didistribusikan di wilayah aglomerasi, dipusatkan pada wilayah tertentu.

"Vaksin ini akan dipakai untuk masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas, dengan dosis tunggal sebanyak 0,5 ml secara intramuskular," kata Dante, dikutip dari Liputan6.com.

"Di tahap awal ini, vaksin Janssen akan didistribusikan ke daerah aglomerasi."

Vaksin Janssen

BPOM juga menekankan, indikasi penggunaan Janssen COVID-19 Vaccine untuk pencegahan COVID-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 pada orang berusia 18 tahun ke atas, dengan pemberian sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 mL secara intramuskular.

Vaksin Janssen memerlukan kondisi penyimpanan pada suhu khusus, yaitu 2 sampai 8 derajat Celcius. Khusus Janssen COVID-19 Vaccine dapat juga disimpan pada suhu -20 derajat Celcius.

Janssen COVID-19 Vaccine adalah vaksin yang dikembangkan Janssen Pharmaceutical Companies. Vaksin ini menggunakan platform Non-Replicating Viral Vector atau menggunakan vector Adenovirus (Ad26).

Dari keterangan resmi BPOM pada Selasa, 7 September 2021, vaksin Janssen diproduksi di beberapa fasilitas produksi, antara lain di Grand River AS, Aspen South Africa, dan Catalent Indiana, AS.

Di Indonesia, vaksin Janssen didaftarkan oleh PT Integrated Health Indonesia (IHI) sebagai pemegang EUA dan bertanggung jawab untuk penjaminan keamanan, khasiat, dan mutu vaksin.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Ditolak Masuk Restoran Gegara Enggan Divaksin, Presiden Brasil Makan di Trotoar
Artikel Selanjutnya
Indonesia Terima 5 Juta Dosis Vaksin CoronaVac Produksi Sinovac