Sukses

Beauty

5 Bahaya Tidur Saat Rambut Masih Basah

Fimela.com, Jakarta ketika keramas di malam hari, disengaja atau tidak sengaja banyak orang yang tidur dengan rambut basah.

Padahal, faktanya tidur dengan keadaan rambut basah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Apa saja masalahnya? Yuk intip ulasannya.

1. Sakit Kepala

Kelembapan karena rambut yang basah dapat membuat sakit kepala. Membungkus rambut dengan handuk bisa membuatnya semakin parah karena kelembapan dipertahankan untuk jangka waktu yang lebih lama. Hal ini mempengaruhi sirkulasi darah di kulit kepala dan saat ketegangan meningkat dapat menyebabkan rasa sakit dan mengganggu tidur.

2. Infeksi kulit kepala

Membiarkan rambut dalam keadaan basah saat tidur dapat meningkatkan risiko infeksi kulit kepala karena mikroorganisme memiliki lingkungan ideal untuk bereproduksi. Kehangatan tempat tidur menciptakan iklim yang sempurna bagi jamur dan bakteri untuk tumbuh. Akibatnya, iritasi dan bahkan infeksi jamur bisa muncul di kulit kepala dan kulit di sekitarnya.

3. Alergi dan pilek

Perubahan suhu tubuh yang terjadi saat tidur dengan rambut basah bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memicu kondisi seperti alergi dan pilek. Kelembapan yang dipertahankan selama beberapa jam dapat menyebabkan mekanisme pertahanan tubuh Anda melemah, sehingga beberapa virus dan bakteri menyerang.

4. Nyeri otot

Meski hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, Anda tidak bisa mengesampingkan rambut yang lembap menjadi pemicunya. Perubahan suhu yang dihasilkan tubuh tidak hanya dapat menyebabkan masalah peredaran darah tetapi juga meningkatkan kejang dan ketegangan pada otot.

5. Rambut rusak

Rambut basah ketika tidur dapat mendorong melemahnya helai rambut sepanjang waktu dan membuat rambut rentan rusak dan rontok.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading