Sukses

Beauty

6 Tips Menjaga Makeup Tahan Lama Seharian

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, kesal bukan ketika makeup mudah memudar? Proses makeup yang memakan waktu cukup lama, tapi tetap saja luntur di tengah hari. Mau tak mau harus touch up agar wajah tetap on point.

Agar makeup bertahan sepanjang hari, pelajari tips dan teknik kecantikan ini yuk!

1. Setting Powder Sebagai Sentuhan Akhir

Setting powder atau bedak tabur yang diformulasikan dengan sifat mattifying adalah bedak tabur yang dapat membantu mencegah makeup luntur. Aplikasikan beda tabur sesuai warna kulit pada langkah terakhir proses makeup.

Tips : Bila kulitmu termasuk jenis kulit berminyak, tambahkan lapisan bedak pada zona T dan area dagu.

2. Gunakan Setting Spray

Bagimu yang memiliki kulit kering, mengaplikasikan setting spray sebagai tahap akhir makeup lebih baik daripada menggunakan setting powder. Kelembapan yang diberikan setelah menggunakan setting spray dapat membantu makeup lebih tahan lama.

Tips : Gunakan setting spray enam inci dari wajah dan semprot secukupnya. Kamu bisa menggunakannya hanya dengan dua kali semprotan.

3. Hindari Menggunakan Makeup dengan Banyak Lapisan

Hindari menggunakan foundation tebal dan kental. Lapisan foundation yang tebal tidak akan menempel pada kulit wajah dengan baik, bahkan akan luntur setelah beberapa jam diaplikasikan.

Tips : Gunakan lapisan tipis dan aplikasikan dengan jari atau spons rias untuk mengaplikasikan produk ke kulit wajah.

4. Eksfoliasi Wajah Secara Rutin

Kulit wajah yang kering dan memiliki banyak sel kulit mati tidak akan membuat makeup tahan lama. Lakukan eksfoliasi sesuai kebutuhan kulit agar kulit wajah menjadi sehat dan bersih.

Tips : Bila kulit wajahmu termasuk ke dalam jenis kulit kering, lakukan eksfoliasi dua kali dalam satu minggu. Untuk yang memiliki jenis kulit berminyak bisa lakukan eksfoliasi tiga kali dalam satu minggu.

5. Gunakan Primer Sebelum Mengaplikasikan Riasan

Setelah menggunakan rangkaian skincare rutinmu, aplikasikanlah primer sebelum mulai mengaplikasikan riasan. Primer dapat membantu mengunci kelembapan kulit dan membuat foundation lebih menempel pada kulit.

Tips : Untuk mempertahankan riasan mata, aplikasikan primer khusus area mata.

6. Gunakan Produk Sesuai Jenis Kulit

Hal utama untuk menjaga makeup tahan lama adalah dengan menggunakan produk yang diformulasikan sesuai jenis kulitmu. Bila kulit wajahmu termasuk jenis kulit kering, pakailah produk yang menghidrasi kulit. Kamu bisa memilih foundation cair yang memiliki kandungan hyaluronic acid. Bila jenis kulit wajahmu adalah kulit berminyak, gunakan foundation yang memiliki kandungan salicylic acid yang dapat membantu mengontrol produksi minyak pada kulit.

Sahabat Fimela, silahkan coba tips di atas untuk rangkaian makeup mu selanjutnya ya. Semoga berhasil!

 

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading