Sukses

Food

Tips Memilih Ikan yang Masih Segar dan Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Ikan menjadi bahan makanan yang kaya akan nutrisi sehat. Saking sehatnya ikan bahkan disarankan untuk diberikan ke anak-anak. Ikan memiliki segudang nutrisi yang bisa menunjang tumbuh kembang anak terutama tumbuh kembang otak anak. 

Ikan juga menjadi bahan makanan yang memiliki cita rasa lezat dan bisa diolah menjadi berbagai masakan nikmat. Baik itu ikan laut ataupun ikan air tawar, keduanya sangat disarankan untuk dijadikan menu harian di rumah. Bicara mengenai ikan, kita harus pandai-pandai memilih ikan yang segar agar nutrisinya tetap sempurna. 

Berikut cara memilih ikan yang masih segar, berkualitas dan memiliki nutrisi terbaik untuk tubuh kita.

Tips Memilih Ikan Segar

  1. Saat membeli dan memilih ikan, pilih ikan dengan mata yang masih bening. Ikan dengan mata masih bening menandakan ikan masih segar. Untuk mendapatkan ikan yang tingkat kesegarannya maksimal, kamu bisa memilih ikan yang masih hidup jika itu adalah ikan air tawar. 
  2. Buka ingsang ikan. Jika warna ingsang masih merah segar, itu menandakan ikan masih segar. 
  3. Kondisi sisik dan kulit ikan juga perlu diperhatikan. Ikan yang masih segar biasanya memiliki kondisi sisik dan kulit yang segar juga mengkilap. Raba juga tubuh ikan, jika masih kenyal itu artinya ikan masih baru dan segar. Ikan yang sudah tidak segar biasanya tubuhnya lebih empuk dengan warna pucat. 
  4. Ikan yang masih segar akan memiliki bau air laut atau air tawar yang segar. Sedangkan ikan yang sudah lama akan memiliki bau amis cenderung busuk. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih ikan segar. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading