Metamorfosa Rihanna, Rebel Barbados yang Sukses Mendunia

Regina Novanda diperbarui 28 Mei 2018, 10:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Bagi pencinta musik R&B dan Pop, pasti sudah tak asing lagi dengan sosok Rihanna. Penyanyi asal Barbados itu memang telah sukses mendunia dengan sederet single andalannya sebut saja, Umbrella, Take a Bow, Distrubia, We Found Love, dan masih banyak lagi.

Sekedar menilik kisah, Rihanna lahir di Saint Michael, Barbados pada 20 Februari 1988 silam. Semasa kecil, pemilik nama lengkap Robyn Rihanna Fenty tersebut hidup penuh keterbatasan. Bahkan, ia pernah ikut berjualan dengan ayahnya di sebuah kios sudut jalan kota.

What's On Fimela
Metamorfosa Rihanna. (DI: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)

Tak hanya berjuang secara ekonomi, Rihanna juga berjuang secara psikis dengan kondisi mental sang ayah yang kecanduan alkohol dan kokain. Hal itu pun menyebabkan kondisi kesehatan Rihanna menurun, hingga ia didiagnosa menderita tumor otak di usia yang amat belia.

Sekitar usia tujuh tahun, Rihanna mulai menunjukkan ketertarikannya pada musik, terutama reggae. Asa yang begitu menggebu untuk menjadi seorang penyanyi ternyata membuat Rihanna harus mengubur dalam keinginannya lulus dari sekolah menengah atas.

Metamorfosa Rihanna. (DI: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)

Pada 2003, perjalanan karier bermusik Rihanna dimulai. Kala itu, produser musik kenamaan Amerika, Evan Rogers dan istrinya tengah berlibur di Barbados. Rihanna bersama dua temannya pun melakukan audisi yang digelar Evan. Rupanya, Evan sudah jatuh cinta sejak awal dengan vokal Rihanna.

Jatuh bangun selama dua tahun, Rihanna akhirnya merilis album perdananya dengan bantuan Evan Rogers, Carl Sturken, Stargate dan Poke & Tone. Tak disangka, album yang berjudul Music of the Sun itu sukses di pasaran dan menduduki tangga musik Billboard dengan penjualan lebih dari dua juta keping.

Metamorfosa Rihanna. (DI: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)

Meski mendapat kritik, namun Rihanna bisa bangkit dan merilis lagu-lagu serta album lainnya yang tak kalah sukses. Selain itu, ia juga berhasil meraih berbagai piala penghargaan di ajang musik bergengsi dunia, di usia kariernya yang sudah lebih satu dekade.

Selain karier musik yang gemilang, Rihanna juga dikenal sebagai pebisnis yang ulung. Ia diketahui memiliki bisnis yang cukup sukses di bidang kecantikan seperti parfum dan kosmetik.

Tak heran, jika mantan kekasih Chris Brown ini banyak dipuja-puji oleh rakyat Barbados. Akhir 2017 lalu, nama Rihanna pun diabadikan sebagai nama sebuah jalan di Bridgetown, Barbados. Adapun alasan pemerintah mengubah nama jalan menjadi Rihanna Drive, karena sang artis dianggap telah membawa perubahan nyata untuk negara kelahirannya.