Waspadai 4 Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Fimela diperbarui 03 Feb 2014, 18:34 WIB

Ladies, bagi Anda yang kini sedang mengandung, posisi duduk saat hamil ternyata mempunyai pengaruh besar pada kesehatan janin dan ibu hamil, lho. Maka itu, duduk dengan posisi yang benar adalah kebiasaan saat hamil yang harus selalu diingat. Tidak hanya bayi yang akan merasa terganggu, tetapi bagi ibunya pun akan mengalami masalah jika menerapkan kebiasaan yang buruk saat hamil.

Salah satu hal yang banyak dilupakan adalah posisi duduk yang benar saat hamil. Sakit punggung saat hamil adalah efek yang ditimbulkan akibat posisi duduk yang salah. Dilansir dari boldsky.com, inilah kesalahan-kesalahan posisi duduk saat hamil yang harus dihindari:

Membungkuk

Biasanya saat duduk bersantai di rumah, kita cenderung membungkuk. Posisi ini ternyata terlarang bagi ibu hamil karena menyebabkan ketegangan bagi sumsum tulang belakang Anda. Ketegangan ini tidak mampu menopang berat tubuh Anda yang meningkat saat hamil. Selain itu, hal ini akan membahayakan bayi karena akan memberikan tekanan pada baby bump Anda.

Duduk dengan kaki menggantung

Ibu hamil yang banyak bekerja di depan komputer harus ekstra hati-hati dalam hal ini. Duduk dengan kaki menggantung akan meningkatkan aliran darah ke kaki. Pembengkakan kaki adalah hal yang umum terjadi selama kehamilan. Tetapi posisi duduk ini akan memperparah kondisi Anda.

Duduk Tanpa Bersandar

Duduk tanpa menyandarkan punggung akan menambah ketegangan punggung Anda. Sakit punggung semasa hamil akan makin parah jika Anda tidak menyandarkan punggung dan menjaga tulang belakang tetap lurus. Hindari duduk di bangku atau kursi dengan sandaran pendek selama kehamilan.

Setengah Duduk

Posisi duduk ini banyak dilakukan di atas tempat tidur. Posisi setengah duduk memberikan tekanan pada sumsum tulang belakang. Inilah yang menyebabkan Anda merasakan nyeri punggung dan tulang ekor jika duduk dengan posisi ini pada waktu yang lama.

Nah, itu tadi posisi-posisi duduk yang harus Anda hindari selama hamil. Mintalah orang-orang terdekat Anda untuk selalu mengingatkan Anda akan posisi duduk Anda selama hamil agar kesehatan ibu hamil dan janin tetap terjaga. Selamat mencoba, Ladies.

 

(vem/wnd)
What's On Fimela