Sukses

Parenting

Wah, Ini Lho 7 Alergi Teraneh Yang Diidap Manusia Di Seluruh Dunia

Apakah Anda mengidap suatu alergi tertentu? Tenang, Anda tidak sendiri. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Asthma and Allergy Foundation of America menemukan bahwa satu dari lima orang di Amerika memiliki alergi. 80% dari mereka yang mengidap alergi ini, atau sekitar 40 juta orang Amerika, mengidap alergi dalam atau luar ruangan, misalnya alergi serbuk bunga, bulu binatang atau spora jamur.

Sementara alergi-alergi di atas adalah jenis alergi yang umum diidap manusia, ternyata ada alergi-alergi yang cukup aneh. Alergi-alergi ini diidap sekitar sepuluh sampai seratus orang di seluruh dunia. Gejala alergi ini adalah ruam, gatal-gatal, shock hingga menimbulkan kematian. Dilansir oleh themost10.com, berikut 7 alergi teraneh di dunia.

(vem/wnd)

Alergi Matahari

Dikenal dengan solar urticaria, orang-orang dengan kondisi ini sangat sensitif terhadap cahaya. Mereka juga berada pada kondisi yang seibut photosensitif atau sensitif terhadap panjang gelombang cahaya tertentu. Ketika terkena cahaya ini, orang-orang ini akan mengalami bengkak dan bercak merah di sekujur tubuh. Sekitar 4% orang di dunia mengidap alergi ini. Alergi ini dapat berkembang pada usia berapapun. 

Alergi Makanan

The Asthma and Allergy Foundation of America melaporkan ada sekitar 6% penderita alergi memiliki semacam alergi makanan. Mungkin sudah umum terjadi, tetapi ada alergi aneh dimana semua individu alergi terhadap semua makanan dan minuman. Contohnya adalah Kaleb Bussenschutt. Anak laki-laki asal Australia ini hanya bisa mengkonsumsi air dan beberapa merk minuman limun. Ketika ia memakan makanan, penyakit maagnya menjadi parah. Ia juga diketahui mengalami kesulitan menyerap apa yang dimakannya. Untuk mendapat gizi yang diperlukan, ia makan menggunakan mesin khusus selama 20 jam tiap harinya. Wah, betapa menderitanya.

Alergi Suara

Memiliki alergi terhadap suara artinya seseorang mengalami kondisi yang sangat sensitif terhadap suara. Jika tiap desibel yang didengar manusia normal dianggap menyenangkan, tidak kentara atau wajar, mereka yang menderita alergi ini merasakan nyeri yang sangat tajam di telinga mereka. Bahkan mereka bisa menjadi pusing karenanya. Dalam beberapa kasus, penderita alergi ini bukan hanya alergi pada suara tinggi, tetapi juga pada suara yang rendah. 

Alergi Air

Jika Anda berpikir bahwa alergi makanan adalah hal yang menyiksa, bayangkan jika Anda mengidap alergi terhadap air. Alergi ini disebut aqua urtikaria genic. Orang yang mengalami alergi ini akan merasa gatal dan muncul benjolan merah yang gatal tak lama setelah kontak dengan air. Sebuah laporan menunjukkan kasus dimana pasien, seorang anak berusia 4 dan 19 tahun datang ke klinik dengan keluhan ruam seluruh tubuh. Ketika diuji, terbukti ruam terjadi karena mereka terkena air. Namun, kedua pasien tersebut dapat meminum air tanpa mengalami komplikasi.

Alergi Sentuhan

Alergi yang satu ini disebut dermatographia atau juga disebut "skin writing". Orang dengan alergi ini akan mengalami benjolan merah yang gatal setiap kali sesuatu yang ringan menggores kulit mereka. Misalnya, mereka akan mengalami benjolan merah tiap kali pakaian mengenai kulit mereka. Alergi ini umumnya berlangsung sekitar 30 menit, tetapi para penderitanya cukup kerepotan.

Alergi Bir

Bir adalah salah satu minuman beralkohol yang paling umum dikonsumsi di dunia. Ada protein yang digunakan untuk membuat bir yang dapat membuat reaksi alergi yang parah. Protein ini disebut Liquid Transfer Protein. Protein ini disinyalir merupakan penyebab masalah alergi makanan. Materi pembuat bir, yaitu barley yang difermentasi mengandung protein ini. Barley dapat menyebabkan masalah pencernaan dan penyerapan protein dalam tubuh.

Alergi Latihan Fisik

Nah, ini adalah alergi yang cukup aneh. Ada sebuah kondisi dimana seseorang akan mengalami reaksi alergi parah setelah melakukan aktivitas fisik. Gejala ini bisa berbentuk rasa gatal dan kram. Jika seseorang yang mengidap alergi ini melakukan olahraga terus-menerus, ia dapat mengalami cardiovascular collapse yang membahayakan. Bagi penderitanya, sakit kepala setelah latihan fisik dalam berlangsung selama 3 hari. Wah, kalau ada teman yang mengatakan dirinya alergi olahraga, bisa jadi ia mengatakan hal yang sebenarnya lho, Ladies. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading