Diary Fimela: Bakat Menggambar Hantar MUA Korea Selatan Ini Bikin Makeup Sendiri di Indonesia

Vinsensia Dianawanti diperbarui 08 Sep 2021, 13:39 WIB

Fimela.com, Jakarta Memiliki bakat terpendam sejak kecil jangan hanya disimpan saja. Siapa tahu bisa dikaryakan dan menjadi sesuatu yang bermakna. Seperti halnya Jina Kim yang merupakan seorang makeup artist atau MUA asal Korea Selatan.

Dengan keahliannya menggambar dari kecil menghantarkan Jina Kim untuk menjadi seorang MUA hingga memiliki brand makeup sendiri.

"Saya pandai menggambar sejak kecil dan jurusan saya ketika kuliah adalah seni rupa, yang mana sangat membantu saya dalam merasakan keindahan dan padu padan warna," katanya saat diwawancara Fimela.

Ia biasa memikirkan cara untuk mengaplikasikan makeup menggunakan beberapa teori seni. Baginya, ini adalah salah satu cara untuk membuatnya terlihat lebih baik dengan melihat transformasi seseorang pada sebelum dan sesudah menggunakan makeup.

 

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

Perjalanan 17 tahun sebagai MUA

Cerita MUA Korea Selatan yang menggarap brand makeup sendiri (Barenbliss)

Setelah lulus kuliah, Jina Kim bergabung di institusi pelatihan untuk belajar lebih. Ia belajar soal kemampuan, persepsi kecantikan dan gaya rias pribadi yang ia dapatkan melalui latihan dan pemikiran yang terus menerus.

Ada kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri ketika orang yang didandaninya merasa terlihat lebih cantik. Hal inilah yang menjadi awal Jina Kim untuk mendirikan brand makeup sendiri.

"Ketika kamu benar-benar menyukai sesuatu, kamu akan berpikir lebih tentang bagaimana cara melakukannya dengan baik. Mungkin saya memang pada dasarnya lebih optimistis," kata Jina Kim

Sepanjang 17 tahun perjalanan kariernya sebagai makeup artist, Jina Kim telah mencoba berbagai macam produk. Membuatnya memiliki standar produk makeup sndiri. Ketika ia mencari sebuah produk dengan kualitas tinggi, ia berpikir untuk membuatnya sendiri dengan harapan tidak hanya membuat perempuan terlihat cantik melainkan juga bahagia.

 

3 dari 5 halaman

Bikin brand makeup sendiri

MUA asal Korea Selatan menghadirkan rangkaian produk makeup untuk pecinta K-Beauty di Indonesia (barenbliss)

Jina Kim pun memutuskan untuk menghadirkan brand makeup sendiri dengan nama Barenbliss atau yang disingkat BNB. BNB masuk di Indonesia dan menyasar harapan orang Indonesia akan kebahagiaan di tengah situasi pandemi. Harapannya, produk makeup yang dihadirkan BNB mampu memenuhi kebahagiaan tersebut.

Meski lama berkarier di Korea Selatan, Jina Kim bertemu dengan berbagai jenis kulit. Sehingga sebagai MUA profesional, Jina Kim juga mempelajari karakter berbagai jenis kulit dan melakukan penyesuaian terhadap produk yang ia garap untuk karakter perempuan di Indonesia.

"Kami percaya setiap perempuan itu cantik dengan cara yang berbeda, dan BNB berdedikasi untuk menampilkan versi terbaik dari setiap perempuan, dan menginspirasi mereka untuk menunjukkan kecantikan mereka. Kamu bisa menjadi apapun yang kamu mau, dan semangat itu akan membuatmu menjadi lebih cantik," ungkap Jina Kim.

BNB hadir dengan nuansa musim panas yang cerah dan ceria. Koleksi makeup ini sendiri bermula di musim panas saat Jina Kim memetik buah beri di pertanian beri bersama teman. Ia kagum dengan aroma beri segar yang menyenangkan dan menjadikannya sebagai momen yang tak terlupakan. Pengalaman unik ini menginspirasi saya untuk membuat produk dengan aroma beri yang menyenangkan, untuk menunjukkan pengalaman indah ini kepada banyak orang.

 

4 dari 5 halaman

Menghadapi persaingan di Indonesia

Jina Kim menyadari bahwa sudah banyak produk kecantikan, khususnya makeup yang hadir di Indonesia. Namun, Jina Kim percaya membawa aksen ceria, cerah, dan awet muda bagi anak muda di dunia. Penggunaan bahan alami dan cruelty free membuat Jina Kim percaya bahwa produk makeup-nya bisa memberi kepuasan masyarakat Indonesia.

Dari pemikiran itu, BNB membawa tidak membawa tren makeup khusus ke Indonesia. Justru, BNB sangat terbuka dengan kecantikan yang dimiliki oleh masing-masing perempuan. BNB membebaskan perempuan untuk menemukan gaya dan cantiknnya mereka sendiri dengan mengeksplorasi produk makeup BNB.

"Saya pikir apakah itu di Korea Selatan atau di Indonesia, semua orang memiliki mimpi yang sama akan kecantikan. Saya harap setiap orang Indonesia bisa mengejar dan menikmati "beauty-in-joy" menurut preferensi pribadi masing-masing," tutup Jina Kim.

5 dari 5 halaman